Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Alutsista Komando Armada III dan Pasukan Marinir 3 Akan Dipenuhi Bertahap

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berharap Komando Armada (Koarmada) I, Koarmada II, dan Koarmada III.

Alutsista Komando Armada III dan Pasukan Marinir 3 Akan Dipenuhi Bertahap
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL
Laksamana TNI Yudo Margono (kiri). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana  TNI Yudo Margono berharap Komando Armada (Koarmada) I, Koarmada II, dan Koarmada III serta Pasukan Marinir (Pasmar) 1, Pasmar 2, dan Pasmar 3 memiliki kekuatan dan kemampuan yang sama.

Menurutnya hal tersebut penting agar apabila terjadi keadaan darurat di wilayah Pasifik dan Laut Arafuru tidak perlu lagi menggeser unsur dari Surabaya maupun Jakarta, tetapi dapat diatasi dari Sorong dalam hal ini Koarmada III dan Pasmar 3.

Menurut Yudo untuk mampu mengatasi keadaan darurat di wilayah Pasifik dan Laut Arafuru maka sarana dan prasarana serta Alutsista Koarmada III dan Pasmar 3 akan dipenuhi secara bertahap termasuk personel pengawaknya.

Baca: KSAL Kunjungi Mako Koarmada III di Sorong Papua Barat

Hal tersebut disampaikan Yudo saat memberikan pengarahan pada acara olahraga bersama dengan seluruh prajurit TNI AL wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Pasmar 3, dan Lantamal XIV Sorong di Mako Koarmada III Sorong, Papua Barat pada Jumat (10/7/2020).

“Jadi untuk menghadapi tiga trouble spot, TNI AL sudah bisa mengatasinya dengan kehadiran Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III beserta kekuatan SSAT lainnya yaitu KRI, pesawat patroli maritim, Pangkalan, dan Pasukan Marinir," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Jumat (10/7/2020).

Yudo mengatakan untuk memenuhi kebutuhan personel Koarmada III, saat ini sedang diselenggarakan seleksi penerimaan calon Bintara dan Tamtama program khusus TNI AL tahun 2020 dengan prioritas putra Papua sebanyak 200 orang yang terdiri dari masing-masing 100 Bintara dan 100 Tamtama.

Yudo mengatakan pendidikan Bintara dan Tamtama tersebut akan dilaksanakan di Sorong serta penempatannya di Koarmada III dan jajarannya.

Menurut Yudo dengan rekrutmen putra daerah Papua diharapkan mereka akan memiliki profesionalisme yang sama dengan Koarmada I dan II.

Baca: KSAL Kunjungi Mako Koarmada III di Sorong Papua Barat

Selain itu, Yudo juga mengatakan Koarmada III harus memiliki kemampuan coverage area yang meliputi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 3 sampai ke timur Samudera Pasifik dan Laut Arafura.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas