Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mahfud MD: Tim Pemburu Koruptor Akan Dikoordinasikan dengan KPK

Presiden (Inpres) sebagai payung hukum pembentukan tim tersebut telah berada di Kemenko Polhukam.

Mahfud MD: Tim Pemburu Koruptor Akan Dikoordinasikan dengan KPK
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Tangkapan layar Mahfud MD dalam acara Halal Bihalal Keluarga Madura Lintas Provinsi dan Lintas Negara 'Membangun Madura Pasca Pandemi: Perspektif Sosial Budaya & Ekonomi' secara virtual, Sabtu (13/6/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Tim Pemburu Koruptor yang saat ini tengah digodok pengaktifannya kembali oleh pemerintah nantinya akan dikoordinasikan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menjalankan tugasnya.

Mahfud mengatakan menjelaskan tugas tim pemburu koruptor tersebut nantinya antara lain memburu tersangka dan terpidana kasus korupsi yang melarikan diri, bersembunyi, dan disembunyikan.

Selain itu Tim Pemburu Koruptor juga akan memburu aset para koruptor.

"KPK itu adalah lembaga tersendiri. Yang diburu oleh KPK tentu nanti dikoordinasikan tersendiri, karena bagaimanapun KPK itu adalah lembaga yang merupakan lembaga khusus di bidang pemberantasan korupsi dan mungkin sudah punya langkah-langkah sendiri. Akan kami koordinasikan," kata Mahfud dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya @mohmahfudmd, pada Selasa (14/7/2020).

Baca: Mahfud MD Segera Bentuk Tim Pemburu Koruptor

Mahfud menjelaskan Tim Pemburu Koruptor nantinya akan beranggotakan sejumlah lembaga pemerintah antara lain Polri, Kejaksaan Agung, Kemenkumham, dan Kemendagri.

Ia mengatakan Tim Pemburu Koruptor akan dibentuk lagi secepatnya.

Menurutnya hal itu karena Instruksi Presiden (Inpres) sebagai payung hukum pembentukan tim tersebut telah berada di Kemenko Polhukam.

Ia juga mengatakan akan menampung masukan-masukan dari masyarakat dan sejumlah pihak terkait dengan pembentukan tim tersebut.

"Karena cantelannya itu adalah Inpres, maka sekarang Inpres tentang tim pemburu aset dan pemburu tersangka dan terpidana koruptor dan tindak pidana lain itu sudah ada di tangan Kemenko Polhukam. Sehingga secepatnya nanti akan segera dibentuk tim itu. Tentu dengan menampung semua masukan-masukan dari masyarakat," kata Mahfud.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tim pemburu koruptor pernah dibentuk lewat Instruksi presiden (Inpres) Nomor 5 tahun 2004.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas