Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Djoko Tjandra

Pejabat Polri yang Terbitkan Surat Jalan Djoko Tjandra Munculkan Penilaian Buruk Kinerja Kepolisian

Argo Yuwono mengatakan surat tersebut diterbitkan oleh salah satu pejabat di biro Bareskrim Polri.

Pejabat Polri yang Terbitkan Surat Jalan Djoko Tjandra Munculkan Penilaian Buruk Kinerja Kepolisian
Djoko Tjandra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI fraksi Partai Golkar Supriansa menyoroti perbuatan oknum pejabat Bareskrim Polri yang menerbitkan surat jalan buronan korupsi Djoko Tjandra.

Menurutnya hal tersebut berbanding terbalik dengan tugas kepolisian sebagai aparat penegak hukum yang justru membantu buronan.

"Saya yakin Kapolri pasti marah besar dengan tindakan anak buahnya itu yang diduga bertindak sendiri dalam menerbitkan surat tugas untuk Djoko Tjandra seorang buronan kejaksaan," kata Supriansa saat dihubungi Tribunnews, Rabu (15/7/2020).

"Dan anehnya surat tugas itu terbit oleh oknum kepolisian yang notabene mestinya dia yang harus menangkap seorang buronan," imbuhnya.

Baca: Pejabat Polri yang Terbitkan Surat Jalan Untuk Djoko Tjandra Terancam Dicopot Dari Jabatannya

Supriansa menilai tindakan oknum pejabat Polri itu akan memunculkan stigma buruk terhadap kinerja kepolisian.

Dia pun berharap agar Kapolri Jenderal Idham Azis mengusut tuntas motivasi di balik perbuatan oknum polisi tersebut.

"Dengan peristiwa itu tentu memunculkan penilaian buruk bagi publik terhadap kinerja kepolisian. Saya berharap Kapolri bisa mengusut tuntas apa motivasi di balik perlakuan anak buahnya itu," ujarnya.

Sebelumnya, Markas besar kepolisian RI membenarkan salah satu oknum pejabat Bareskrim Polri menerbitkan surat jalan kepada buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan surat tersebut diterbitkan oleh salah satu pejabat di biro Bareskrim Polri. Namun, dia memastikan perizinan tersebut tanpa sepetahuan dari pimpinan polri.

"Tentunya bahwa surat jalan tersebut yang ditandatangani oleh salah satu biro di Bareskrim Polri. Jadi dalam pemberian surat jalan tersebut bahwa Kepala Biro tersebut inisiatif sendiri ya dan tidak izin sama pimpinan ya," kata Argo di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas