Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Supir dan Perawat Rentan Terpapar, Kasus WNI Terkonfirmasi Positif di Arab Saudi Bertambah

Judha mengatakan situasi di Saudi Arabia saat ini memang relatif tinggi terkait dengan penyebaran covid-19.

Supir dan Perawat Rentan Terpapar, Kasus WNI Terkonfirmasi Positif di Arab Saudi Bertambah
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Direktur perlindungan warga negara Indonesia (PWNI), Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual bersama Kemlu, Kamis (9/4/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada penambahan WNI yang terkonfirmasi Covid-19 di luar negeri, yaitu di Arab Saudi dan Mesir dan satu WNI meninggal di Arab Saudi.

“Total WNI terkonfirmasi Covid-19 di luar negeri adalah 1199: 786 sembuh, 95 meninggal dunia dan 318 dalam perawatan,” tertulis dalam keterangannya, Sabtu (18/7/2020).

Direktur Perlindungan WNI (PWNI), Judha Nugraha membenarkan terjadi penambahan WNI yang terpapar Covid-19 di Arab Saudi yang telah mencapai 185 kasus, di mana 82 sedang dirawat, 52 sembuh, dan 51 meninggal dunia.

“WNI yang terpapar banyak yang bekerja di sektor domestik juga sebagai supir dan perawat,” ujar Judha dalam konferensi pers virtual dengan media, Jumat (17/7/2020).

Baca: Bertambah Kasus di Arab Saudi dan Mesir, Total WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri 1199 Orang

Judha mengatakan situasi di Saudi Arabia saat ini memang relatif tinggi terkait dengan penyebaran covid-19.

Sesuai dengan situasi laporan badan kesehatan dunia (WHO) terdapat 240.474 kasus terkonfirmasi di Arab Saudi, dengan rincian 2.671 kasus baru, 2.325 kasus kematian.

“Kasus yang terjadi banyak terjadi di wilayah Mekkah, Madinah, Jeddah dan Thaif,” lanjutnya.

Kerajaan Arab Saudi menanggung seluruh biaya perawatan bagi warga yang positif covid-19, bahkan bagi warga negara asing tanpa dokumen juga diberikan pelayanan tersebut.

Dalam hal ini KBRI dan KJRI terus melakukan imbauan kepada seluruh warga negara Indonesia yang ada di Saudi Arabia untuk melakukan langkah-langkah pencegahan secara efektif.

“Antara lain menjaga jarak fisik, menjaga kebersihan diri melalui rajin mencuci tangan menggunakan masker dan juga menjaga asupan makanan dengan baik, serta menghubungi segera perwakilan RI jika membutuhkan bantuan,” ujar Judha.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas