Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Partai Gelora Sebut Ambang Batas Parlemen 4 Persen Paling Rasional

Partai Gelora mendukung ambang batas parlemen sebesar 4 persen untuk mamaksimalkan tingkat partisipasi dan mencegah hilangnya suara rakyat.

Partai Gelora Sebut Ambang Batas Parlemen 4 Persen Paling Rasional
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta saat acara Gelora Digifest 2020 secara virtual, Jakarta, Minggu (19/7/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia tidak setuju jika ambang batas parlemen atau parliamentary threshold dinaikkan dari saat ini 4 persen.

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta mengatakan, Partai Gelora mendukung ambang batas parlemen sebesar 4 persen untuk mamaksimalkan tingkat partisipasi dan mencegah hilangnya suara rakyat.

"Menurut saya dalam peta sosiologis di Indonesia, 4 persen adalah angka paling rasional meningkatkan partisipasi seluruh elemen bangsa," papar Anis saat acara Gelora Digifest 2020 secara virtual, Jakarta, Minggu (19/7/2020).

Baca: Dokter Sekaligus Kader PKS di Jawa Timur Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Baca: Sikap Marah-Marah M. Nasir Dinilai Permalukan DPR dan Partai Demokrat

Anis mencontohkan, jika ambang batas parlemen di atas 4 persen dan diikuti 15 partai, tetapi yang lolos hanya lima partai, maka suara pemilih di 10 partai akan menjadi terbuang.

"Kalau digabung itu jumlahnya sangat besar, tapi harus dikasih ke partai-partai yang lolos. Berarti ada suara yang sebenarnya menjadi sia-sia," papar Anis.

Diketahui, DPR sedang membahas RUU Pemilu, di mana salah satu poin yang dibahas yaitu ambang batas parlemen diusulnya naik dari 4 persen.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas