Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wasekjen Demokrat Sebut Pernyataan Djarot Bertentangan dengan Politik Gotong Royong

Irwan menyebut apa yang diucapkan Djarot sangat bertentangan dengan semangat tokoh proklamator RI, Soekarno.

Wasekjen Demokrat Sebut Pernyataan Djarot Bertentangan dengan Politik Gotong Royong
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat di Wisma Kinasih, Tapos, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan mengecam pernyataan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat yang menyebut partainya tidak akan berkoalisi dengan Demokrat dan PKS dalam Pilkada 2020.

Irwan menyebut apa yang diucapkan Djarot sangat bertentangan dengan semangat tokoh proklamator RI, Soekarno.

"Sebagai kader dari partai yang mengamalkan Soekarnoisme pernyataan pak Djarot sungguh bertentangan dengan politik gotong royong yang diinginkan Soekarno bagi bangsa Indonesia. Saya pikir ini pernyataan pribadi beliau semata,” kata Irwan kepada wartawan, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Baca: Belum Sepekan Gibran Terima Rekomendasi, Kisruh Terjadi di PDIP Solo, Seorang Kader Diduga Dikeroyok

Irwan menilai, pernyataan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut justru mengingkari semangat politik Soekarno yang menjadi tokoh panutan di PDIP.

“Pernyataan itu juga sangat mengingkari sejarah kebijakan politik Soekarno yaitu Nasakom yang terbuka bekerja sama pada partai politik lain termasuk dengan partai komunis Indonesia. Masa dengan partai non komunis tidak mau?” kata Irwan

"Pak Djarot juga dalam hal ini inkonsisten terkait semangat Ekasila yaitu gotong royong yang dinyatakan dalam konstitusi partainya sendiri. Mungkin pak Djarot perlu penyegaran lagi terkait paham Soekarnoisme,” sambung legislator asal Kalimantan Timur itu.

Terkait sikap Demokrat di Pilkada serentak 2020, Irwan mengungkapkan sangat terbuka membangun koalisi dengan partai lain.

Baca: Bappilu DPP Partai Demokrat Telah Terbitkan 150 Surat Keputusan Rekomendasi Pilkada

"Kami terbuka bekerja sama dengan semua partai untuk membangun bangsa ini selama sama-sama menjunjung tinggi Pancasila termasuk bekerja sama dengan PDIP. Faktanya dalam Pilkada 2020 ini kami bekerja sama dengan PDIP di 35 pilkada,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Tribun Medan, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat menegaskan arah koalisi partai berlambang banteng tersebut dalam pilkada serentak mendatang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas