Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Charta Politika: Prabowo Jadi Menteri Berkinerja Terbaik

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri berkinerja terbaik

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Survei Charta Politika: Prabowo Jadi Menteri Berkinerja Terbaik
Capture Youtube TNI AD
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto (kanan) bersama KSAD Jenderal Andika Perkasa di Akmil Magelang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri berkinerja terbaik dari jajaran menteri lainnya. 

Hal tersebut disampaikan Yunarto berdasarkan hasil survei yang dilakukan Charta Politika periode 6 Juli 2020 sampai 12 Juli 2020. 

"Pertanyaan terbuka yang diberikan yaitu sebutkan satu nama menteri Kabinet Indonesia Maju yang bapak/ibu nilai memiliki kinerja terbaik," kata Yunarto secara virtual, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca: Imparsial Desak Menhan Prabowo Batalkan Rencana Beli Jet Tempur Eurofighter Typhoon dari Austria

Prabowo Subianto menempati urutan pertama sebanyak 12,8 persen responden memilihnya. 

Yunarto menjelaskan, di urutan kedua ditempati Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan dukungan 11.5% dan ketiga adalah Menteri BUMN Erick Thohir dengan perolehan 5.8%.

Selanjutnya, Menko Polhukam Mahfud MD berada di peringkat keempat dengan dukungan sebesar 4.6% dan Menteri PUPR berada di peringkat kelima 4.2%.

BERITA TERKAIT

Pada urutan keenam dan ketujuh masing-masing diisi oleh Tito Karnavian (Mendagri) dengan dukungan 2.6% dan Juliari Batubara (Mensos) 2.2% dan kedelapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan perolehan 2.0.

"Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (awareness) yang tinggi atau pos kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi COVID-19," jelas Yunarto.

Selain nama-nama ini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan justru masuk dalam dalam dukungan public sebaga menteri berkinerja baik meski sudah tidak menteri lagi. Hal ini dikarenakan dalam survey ini responden tidak disodorkan nama melainkan diberi pertanyaan secara terbuka.

Baca: Jubir Menhan Angkat Bicara Terkait Temuan BPK Soal Anggaran Kementerian Pertahanan

“Ini pertanyaan terbuka ya. Ada keluar nama Susi Pundjiastuti karena ini pertanyaan spontan, gak semua bisa menyebutkan nama tapi ada beberapa menyebutkan nama menterinya,” jelas dia.

Survei digelar pada 6-12 Juli 2020 melalui wawancara telepon dan melibatkan 2000 responden. Metode survei adalah simple random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di pemilu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas