Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zulkifli Hasan Ajak Masyarakat Doakan Korban Ledakan Lebanon

Ledakan dahsyat yang menghancurkan ribuan bangunan dalam radius 15 mil dari pelabuhan Beirut itu masih membutuhkan penanganan serius

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Zulkifli Hasan Ajak Masyarakat Doakan Korban Ledakan Lebanon
Marwan TAHTAH / AFP
Sebuah gambar menunjukkan silo yang hancur di tempat ledakan di pelabuhan di Beirut, ibukota Lebanon pada 4 Agustus 2020. Dua ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon, Beirut, melukai puluhan orang, mengguncang bangunan dan mengirim asap besar mengepul ke langit. Media Libanon membawa gambar-gambar orang yang terperangkap di bawah puing-puing, beberapa berlumuran darah, setelah ledakan besar, yang penyebabnya tidak segera diketahui. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ledakan dahsyat terjadi di pelabuhan utama Beirut, Lebanon, mengakibatkan setidaknya 78 orang tewas dan ribuan terluka.

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak masyarakat Indonesia turut mendoakan para korban dan mendorong agar pemerintah Indonesia serta seluruh elemen bangsa untuk ikut bersolidaritas.

Ledakan dahsyat yang menghancurkan ribuan bangunan dalam radius 15 mil dari pelabuhan Beirut itu masih membutuhkan penanganan serius.

Baca: Dahsyatnya Ledakan Beirut, Mobil Terlempar Beberapa Meter hingga Gedung Hancur

Baca: Cerita Warga Lebanon Bandingkan Ledakan di Beirut dengan Situasi Perang Saudara: Ini Paling Besar

"Apa yang terjadi di Beirut, Lebanon, menyentakkan kita semua. Ini salah satu ledakan terbesar di masa non-perang yang pernah terjadi. Korban yang berjatuhan juga banyak dan Lebanon sudah mengumumkan kondisi darurat, state of emergency," kata Zulkifli kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

"Saya mengajak semua pihak ikut mendoakan para korban dan mengimbau untuk bersama membangun solidaritas, kita harus ikut membantu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum PAN itu menambahkan, di tengah situasi pandemi yang menyulitkan, ditambah musibah besar ini, tentu ini pukulan luar biasa bagi Lebanon.

Menurutnya insiden tersebut panggilan kemanusiaan buat kita semua.

BERITA REKOMENDASI

"Saya mengimbau masyarakat untuk ikut mendoakan. Juga kita tunjukkan aksi solidaritas kita. Saya akan mulai dengan menggerakkan kader-kader PAN," pungkasnya.

Ledakan di gudang pelabuhan yang menyimpan bahan eksplosif disinyalir menjadi penyebab insiden tersebut.

Penyebab ledakan sesungguhnya masih terus diinvestigasi otoritas Lebanon.

Jumlah korban yang masih terus dicari juga diperkirakan bertambah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas