Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Djoko Tjandra

Gelar Perkara Penetapan Tersangka Baru Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra Bakal Digelar Rabu

Brigjen Awi Setiyono mengatakan, gelar perkara terkait penetapan tersangka itu baru akan dilakukan pada Rabu (12/8/2020)

Gelar Perkara Penetapan Tersangka Baru Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra Bakal Digelar Rabu
Repro/Kompas TV
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono melakukan telewicara dengan Kompas TV di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri bakal mengumumkan tersangka baru dalam kasus penerbitan surat jalan dan bebas Covid-19 palsu milik terpidana korupsi Djoko Tjandra saat masih menjadi buronan interpol.

Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, gelar perkara terkait penetapan tersangka itu baru akan dilakukan pada Rabu (12/8/2020).

Baca: MAKI Surati Kabareskrim Polri untuk Periksa 4 Orang Ini Sebagai Saksi dalam Sengkarut Djoko Tjandra

"Penyidik telah merencanakan akan melaksanakan gelar perkara untuk menetapkan tersangka baru dalam kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra pada Rabu besok. Kita sama-sama menunggu gelar perkara kita akan update perkembangannya," kata Brigjen Awi Setiyono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2020).

Awi menerangkan, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri telah melakukan analisa dan evaluasi (anev) terkait kasus tersebut pada Minggu (9/8/2020).

Saat ini, pihaknya kembali melakukan pemeriksaan terhadap lima saksi.

"Hari ini penyidik melakukan pemeriksaan tambahan terhadap lima orang saksi, dua saksi diperiksa di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat untuk melanjutkan pemberkasan," pungkasnya.

Informasi saja, Bareskrim Polri telah menetapkan Anita Dewi Kolopaking dan mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo sebagai tersangka dalam kasus penerbitan surat jalan dan bebas Covid-19 palsu untuk Djoko Tjandra saat masih menjadi buronan.

Penetapan tersangka tersebut lantaran penyidik telah mempunyai barang bukti, petunjuk hingga saksi yang kuat untuk menaikan status hukum. Saat ini, keduanya telah ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Baca: Mahfud MD: Kasus Djoko Tjandra Tamparan Keras Bagi Para Penegak Hukum

Keduanya diduga turut memberikan perlindungan atau membantu Djoko Tjandra selama masih menjadi buron di Indonesia.

Salah satunya dengan menerbitkan surat jalan dan surat bebas Covid-19 yang digunakan Djoko Tjandra saat berada di Indonesia.

Ikuti kami di
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas