Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenag Kucurkan Bantuan Rp 2,5 Triliun untuk Pondok Pesantren

Kementerian Agama (Kemenag) akan memberikan bantuan kepada pondok pesantren (Ponpes) sebesar Rp 2,5 triliun.

Kemenag Kucurkan Bantuan Rp 2,5 Triliun untuk Pondok Pesantren
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi santri 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) akan memberikan bantuan kepada pondok pesantren (Ponpes) sebesar Rp 2,5 triliun.

Hal itu disampaikan Kasubdit Pendidikan Pesantren Kemenag, Basnang Said, saat menjadi pembicara dalam webinar yang diselenggarakan DPP LDII, Senin (10/8/2020).

“Pesantren-pesantren yang terdaftar dalam data Kemenag akan memperoleh bantuan dari pemerintah sebesar Rp2,5 triliun,” ujar Basnang dalam keterangannya.

Baca: Menteri Agama Sebut Tiga Pesantren Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

Pada webinar bertajuk 'Menjadi Pondok Pesantren Sehat pada Era Pandemi Covid-19', Basnang mengatakan Kemenag telah mengizinkan 8.085 pesantren untuk beraoperasi kembali dan menerima santri.

Oleh karena itu penyebaran Covid-19 juga perlu diantisipasi di Ponpes karena Pondok Pesantren (Ponpes) rentan terjadi penularan wabah virus corona (covid-19).

Dirjen Pendidikan Islam mengatakan meskipun sudah ada perizinan langsung dari Menteri Agama Fachrul Razi, ponpes tetap menghadapi masa adaptasi dan penyesuaian pola hidup pada masa pandemi covid-19.

Baca: Siap Cetak Wirausaha Baru, Kemenperin Lanjutkan Program Santripreneur di Pondok Pesantren

Rincian bantuan tersebut yakni berupa bantuan operasional kepada pesantren, baik sebagai penyelenggara pendidikan atau sebagai satuan pendidikan, bantuan pembelajaran secara daring.

Adapula insentif bagi tenaga pengajar dan pendidik di lingkungan pesantren, serta dukungan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan sarana dan prasarana untuk memenuhi protokol kesehatan.

“Kemenag tidak bekerja sendiri, tapi juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Kemensos, Kementerian Desa, dan Gugus Tugas Covid-19, serta Pemerintah Daerah,” ujar Basnang.

Baca: DPP PPP Sumbang 14 Hewan Kurban ke Masjid dan Pesantren di Jabodetabek

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas