Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KPK Eksekusi Penyuap Bupati Nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah ke Lapas Surabaya

KPK mengeksekusi Ibnu Gofur ke Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Klas I Surabaya di Porong untuk menjalani pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan

KPK Eksekusi Penyuap Bupati Nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah ke Lapas Surabaya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Josep Wisnu Sigit dan Dormian mengeksekusi Ibnu Gofur ke Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Klas I Surabaya di Porong untuk menjalani pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan, Selasa (11/8/2020).

Ibnu merupakan kontraktor penyuap Bupati nonaktif Sidoarjo Saiful Ilah dalam kasus suap proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo.

"Telah melaksanakan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor : 15/PID.SUS/TPK/2020/PN. SBY tanggal 29 Mei 2020 atas nama terdakwa Ibnu Gofur," kata Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Baca: Ada 54 Laporan Masyarakat, KPK Minta Pemda Serius Tindak Lanjuti Keluhan Bansos

Terpidana Ibnu Gofur terbukti dan diputus bersalah melakukan tindak pidana korupsi karena memberikan suap kepada Saiful Ilah agar dimenangkan dalam tender empat proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo.

"Selain itu terpidana juga dibebani pidana denda sebesar Rp100.000.000 subsidair 3 bulan kurungan," ujar Ali.

Selain Ibnu Gofur, KPK telah menetapkan lima orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus tersebut, yakni Saiful Ilah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih.

Baca: KPK: Aturan Periksa Jaksa Seizin Jaksa Agung Disaat Kasus Djoko Tjandra Bergulir Kurang Tepat

Kemudian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Judi Tetrahastoto, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Sanadjihitu Sangadji, dan Totok Sumedi selaku kontraktor.

Dalam konstruksi perkara dijelaskan bahwa pada 2019, Dinas PU dan BMSDA Kabupaten Sidoarjo melakukan pengadaan beberapa proyek. Ibnu adalah salah satu kontraktor yang mengikuti pengadaan untuk proyek-proyek tersebut.

Sekitar Juli 2019, Ibnu melapor ke Saiful bahwa ada proyek yang ia inginkan, namun ada proses sanggahan dalam pengadaannya sehingga ia bisa tidak mendapatkan proyek tersebut.

Baca: Nurul Ghufron Tak Terima Independensi Pegawai KPK Tergerus Akibat Gaji ASN

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas