Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Bakal Diumumkan PDIP pada 19 Agustus, Ini Sederet Nama Calon Pengganti Risma di Surabaya

"Insya Allah tanggal 19 Agustus, tahap terakhir pengumuman calon kepala daerah," kata Ketua DPD PDI-P Jawa Timur Kusnadi

Bakal Diumumkan PDIP pada 19 Agustus, Ini Sederet Nama Calon Pengganti Risma di Surabaya
ist
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini jadi narasumber di webinar nasional ketiga TMP. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) dipastikan akan mengumumkan calon pengganti Tri Rismaharini sebagai wali kota Surabaya pada 19 Agustus mendatang.

Sebab, 19 Agustus adalah jadwal pengumuman putaran terakhir pasangan yang diusung PDI-P pada Pilkada Serentak 2020.

"Insya Allah tanggal 19 Agustus, tahap terakhir pengumuman calon kepala daerah," kata Ketua DPD PDI-P Jawa Timur Kusnadi seusai penyerahan rekomendasi lima pasangan calon kepala daerah di Jawa Timur, Selasa (11/8/2020).

Baca: KPU RI Minta Jaminan Keamanan Penyelenggaraan Pilkada

Dia tidak bisa menjawab mengapa rekomendasi untuk pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya dikeluarkan pada tahap terakhir karena rekomendasi sudah menjadi wewenang DPP DPI-P.

"Tentunya banyak pertimbangan dari DPP, tapi kami tugasnya hanya mengusulkan saja," terang Kusnadi.

Kusnadi juga tidak bisa menjawab siapa nama pasangan yang memiliki kans besar untuk diusung PDI-P pada Pilkada Surabaya.

"Yang pasti salah satu dari 19 pendaftar di PDI-P," ujar dia.

Ke-19 nama pendaftar tersebut yakni Dyah Katarina (anggota DPRD Surabaya), Armuji (anggota DPRD Jatim), Anugerah Ariyadi (mantan anggota DPRD Surabaya), Mega Djadja Agustjandra (pengusaha), Sutjipto Joe Angga (pengusaha), dan Chrisman Hadi (seniman).

Selanjutnya, Sri Setyo Pertiwi (pengusaha), Laksda TNI (Purn) Untung Suropati, Fandi Utomo (mantan anggota DPR RI), Warsito (mantan anggota DPRD Surabaya), Gunawan (pengusaha), Dwi Astutik (Muslimat NU), Haries Purwoko (pengusaha).

Adapula Lia Istifhama (fatayat NU), Achmad Wahyuddin (pengusaha), Whisnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Ony Setiawan (aktivis), Edy Tarmidy (politisi PDI-P), dan Ahmad Nawardi (anggota DPD).

Dalam kesempatan tersebut, PDI-P mengumumkan rekomendasi kepada lima pasangan calon untuk lima daerah Pilkada Surabaya.

Surat rekomendasi dibacakan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani secara virtual dari kantor DPP PDI-P di Menteng, Jakarta Pusat.

Kelima pasangan tersebut adalah Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah untuk Pilkada Kabupaten Gresik, Ipuk Fiestiandani-Sugirah untuk Kabupaten Banyuwangi, Sugiri Sancoko-Lisdyarita untuk Kabupaten Ponorogo, Kartika Hidayati-Sa'im untuk Pilkada Kabupaten Lamongan, dan pasangan Setiajit-Armaya Mangkunegara untuk Pilkada Tuban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Umumkan Calon Pengganti Risma pada 19 Agustus 2020, Siapa Dia?"

Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas