Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

20 Persen Masyarakat Belum Gunakan Masker, Kemenkes: Mari Saling Melindungi

Gerakan ini merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia.

20 Persen Masyarakat Belum Gunakan Masker, Kemenkes: Mari Saling Melindungi
Kolase TribunNewsmaker - shutterstock
ilustrasi pakai masker 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah gencar menyosialisasikan Gerakan 3 M di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Gerakan 3 M tersebut meliputi memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Gerakan ini merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia.

Salah satu gerakan yang kini menjadi fokus pemerintah dan gencar disosialisasikan kepada masyarakat yakni gerakan memakai masker.

Baca: Jurnalis Diimbau Batalkan Wawancara Jika Narasumber Membuka Masker

Pemerintah akan secara bertahap mensosialisasikan setiap gerakan kepada masyarakat sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dan dipraktekkan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pada 3 Agustus 2020 lalu.

Hal ini juga dijelaskan oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Riskiyana Sukandhi Putra yang mengatakan bahwa penyampaian informasi ke masyarakat terkait perilaku saat adaptasi kebiasaan baru harus dilakukan secara bertahap dimulai dari gerakan memakai masker seperti saat ini.

Riski menyampaikan, berdasarkan survei kepedulian dari BPS tentang Covid-19, terdapat 80 persen masyarakat Indonesia sudah disiplin dalam menggunakan masker sementara 20 persen lainnya masih belum menggunakan masker sesuai dengan peraturan yang telah dibuat.

Baca: Cara Sehat dan Aman Memakai Masker Kain , Ini Panduan dari Kemenkes

Kampanye penggunaan masker juga terus digencarkan karena penularan COVID-19 yang awalnya sebagian besar hanya berasal dari imported case atau local transmission kini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain secara langsung.

Ia juga mengatakan, sifat dari virus Covid-19 yang terus berubah yang mengharuskan kita harus lebih disiplin dalam menggunakan masker.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas