Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Konsep Transformasi BUMN Dinilai Seharusnya Didukung Semua Pihak

Penempatan seseorang di BUMN dilakukan sesuai kapabilitas, profesionalitas, untuk mendukung bisnis di masa depan

Konsep Transformasi BUMN Dinilai Seharusnya Didukung Semua Pihak
Youtube Mata Najwa
Menteri BUMN Erick Thohir di Mata Najwa, Rabu (6/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polemik pengangkatan direksi dan komisaris BUMN di era kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir belakangan masih terus berkembang.

Pengamat dari Pusat Studi BUMN Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar, Mursalim Nohong menilai langkah Erick Thohir membenahi BUMN sudah on the right track dalam melakukan transformasi besar-besaran pada perusahaan negara.

Sehingga membutuhkan tenaga-tenaga yang profesional serta memiliki integritas. Menurutnya, konsep transformasi tersebut harus didukung semua pihak.

Baca: Ketika Ketua Umum PBNU Puji Menteri BUMN Erick Thohir

"Menteri BUMN ini lagi melakukan transformasi besar-besaran, nah sehingga dia membutuhkan orang-orang profesional, orang punya integritas dan saya kira salah satu lembaga yang dilirik memiliki integritas yang dianggap untuk itu saya kira adalah TNI dan Polri,” ujar Mursalim, Kamis (13/8/2020).

Mursalim berpendapat, selama ini persoalan rangkap jabatan yang selalu dilontarkan, tidak berdasar karena memang tidak ada aturan yang dilanggar.

Sebab sampai saat ini, kata Mursalim, tidak ada pihak yang menggugat atau menegur dari sisi hukum jika memang Erick Thohir menabrak peraturan dalam pengangkatan direksi dan komisaris di BUMN.

"Kalau saya bukan persoalan melanggar atau tidak melanggar toh yang bisa membuktikan dia melanggar atau tidak itu adalah orang hukum, sekarang ini kan tidak ada juga yang memberikan teguran kalau dia (Erick Thohir) melanggar, hanya orang tertentu yang mengatakan begitu, coba pemerintah juga tidak melihat itu," katanya.

Dia mengatakan konsep-konsep transformasi BUMN yang sedang dikerjakan oleh Menteri BUMN seharusnya didukung agar terimplementasi dengan sempurna.

Mursalim berharap agar dapat menghentikan polemik yang tidak memiliki manfaat ini dan memberikan kesempatan bagi Erick Thohir untuk membuktikan kinerjanya.

"Coba beri kesempatan pada Erick, saya kira kita percaya pada Erick, bahwa dia bisa kemudian bertanggungjawab terhadap kebijakan yang diambil," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: chaerul umam
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas