Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Peneliti LIPI Sebut PDIP Paling Siap di Pilkada 2020, Menunjukan Cara Kerja Partainya

PDIP menunjukan kepercayaan tinggi sebagai partai pemenang pada Pilkada 2020 ini.

Peneliti LIPI Sebut PDIP Paling Siap di Pilkada 2020, Menunjukan Cara Kerja Partainya
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah dalam tiga gelombang untuk Pilkada 2020.

Totalnya ada 169 rekomendasi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti memandang apa yang dilakukan PDIP, mengindikasikan partai ini siap.

Selain itu, kerja partainya sangat rapi untuk menghadapi Pilkada 2020.

"Hal ini menunjukan kesiapan dan kerja partai terlihat lebih rapih dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal," kata Putri saat dikonfirmasi, Kamis (13/7/2020).

Baca: Megawati Ingatkan Calon Kepala Daerah PDIP Tak Tebar Uang Untuk Meraih Kemenangan

Dia menuturkan, kesiapan tersebut bukan saja saat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengumumkan hasil dukungannya, tapi sudah dari beberapa bulan sebelumnya.

"Kelihatan dari beberapa bulan sebelumnya yang memperlihatkan kalau PDIP membuka pendaftaran bagi calon, pengurus partai di tingkat daerah menjalankan mekanisme seleksi internal, dan lainnya," tutur Putri.

PDIP, lanjut dia, menunjukan kepercayaan tinggi sebagai partai pemenang pada Pilkada 2020 ini.

Dan tentunya menunjukan keinginan menang yang sangat tinggi.

"PDIP dapat dikatakan mengawal calon pilihannya sendiri dan tidak sekedar ikut-ikut mendorong calon partai lain yang sudah terbentuk. Dalam konteks ini, meskipun tentu saja banyak calon PDIP diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama calon atau setidaknya yang paling awal mengusung calon," ungkap Putri.

Selain itu, apa yang dilakukan partai berlambang banteng bermoncong putih itu, menunjukan cara kerja PDIP dalam Pilkada 2020.

"Hal ini menunjukan PDIP sebagai partai yang berstrategi dalam Pilkada," jelas Putri.

Menurut dia, dengan mengumumkan lebih awal, PDIP punya waktu yang lebih banyak untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya dengan tepat.

"Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada besok," pungkas Putri.

Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas