Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

HUT Kemerdekaan RI

8 Anggota Paskibraka Setidaknya 7 Kali Menjalani Swab Test

Sebelum melaksanakan tugasnya, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) harus menjalani swab test lebih dulu.

8 Anggota Paskibraka Setidaknya 7 Kali Menjalani Swab Test
Capture YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan 8 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/8/2020).

Delapan anggota Paskibraka yang dikukuhkan akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih saat upacara Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 berlangsung.

Dhea Lukita Andriana, anggota Paskibraka 2020 dari Jawa Timur, bertindak sebagai pemimpin upacara yang sekaligus mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Upacara pengukuhan Paskibraka tingkat nasional ini dilakukan bersamaan dengan pengukuhan Paskibraka di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Acara pengukuhan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Anggota paskibraka saat berlatih dan tetap mengenakan masker di PP-PON, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (11/8/2020)
Anggota paskibraka saat berlatih dan tetap mengenakan masker di PP-PON, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (11/8/2020) (Dok. Kemenpora)

Diteruskan dengan pembacaan ikrar Pemuda Indonesia oleh 8 anggota Paskibraka 2020 dipimpin Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh.

"Dengan memohon ridho Allah yang maha kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengibar bendera pusaka, yang akan bertugas di istana negara pada tanggal 17 Agustus 2020," kata Presiden.

"Selanjutnya, pada gubernur di 34 provinsi, saya persilakan mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara," lanjutnya.

Baca: Daftar Nama Anggota Paskibraka yang Akan Bertugas pada 17 Agustus 2020

Usai pengukuhuan, Jokowi bersama para tamu undangan mengucapkan selamat kepada 8 anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera di Istana Presiden.

Delapan anggota Paskibraka 2020 merupakan bagian dari Paskibraka tahun 2019, yang sebelumnya berjumlah 65 orang. Angka Paskibraka tahun ini dikurangi akibat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Selain itu, pemilihan kembali 8 anggota paskibraka yang sebelumnya pernah bertugas dikarenakan tahun ini tidak dilakukan seleksi.

Sebelum melaksanakan tugasnya, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) harus menjalani swab test lebih dulu.

"Dari awal hingga akhir setidaknya 7 kali menjalani swab test," Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni'am Salim menjelaskan.

Berikut 8 nama anggota Paskibraka 2020:

1. Indrian Puspita Rahmadhani dari SMAN 1 Bireuen Aceh
2. I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita dari SMAN 1 Mendoyo Bali
3. Sudrajat Prawijaya dari SMAN 4 Rejang Lebong Bengkulu
4. Muhammad Arief Wijaya dari SMAN 2 Kendari Sulawesi Tenggara
5. Muhammad Asri Maulana dari SMAN 1 Kandangan Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan
6. Sylvia Kartika Putri dari SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar Sumatera Utara
7. Dhea Lukita Andriana SMAN 1 Ngunut Tulungagung Jatim
8. Muhammad Adzan dari MAN 2 Kota Bima Nuda Tenggara Barat. (tribun network/yud/gen)

Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas