Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Syahrul Yasin Limpo Yakin Sektor Pertanian Jadi Penyelamat Ekonomi Nasional di Masa Sulit

Sektor pertanian dinilai tidak pernah terdampak besar dari akibat resesi ekonomi. Bila terdampak pun, relatif kecil dampaknya.

Syahrul Yasin Limpo Yakin Sektor Pertanian Jadi Penyelamat Ekonomi Nasional di Masa Sulit
Istimewa
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertaninan Syahrul Yasin Limpo, menyebutkan sektor pertanian berpeluang menjadi penyelamat ekonomi Indonesia yang sedang lesu.

Menurutnya, sektor pertanian tidak pernah terdampak besar dari akibat resesi ekonomi. Bila terdampak pun, relatif kecil dampaknya.

"Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja ekspor pertanian saat ini mampu tumbuh 15,4 persen pada kuartal dua tahun 2020," ucap Syahrul Yasin Limpo.

Baca: Mentan Syahrul Yasin Limpo Panen Bawang Merah di Bantaeng, Berharap Perbankan Permudah Akses KUR

Ia juga mengungkapkan, komoditas pangan dari sektor pertanian merupakan bagian dari kebutuhan pokok manusia. Sehingga permintaan akan tetap terjaga dengan baik, meski dalam masa sulit.

"Terlebih lagi, masyarakat saat ini memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini berimbas kepada kebutuhan pangan, dan permintaannya dapat terus tumbuh," ujar Syahrul.

Meski optimis sektor pertanian akan tumbuh, Syahrul mengatakan, dampak Covid-19 ini membawa perubahan yang signifikan terhadap perilaku konsumen.

Baca: Inilah Sosok Gadis Cantik yang Mengajak Mentan Syahrul Yasin Limpo Main Tik Tok

"Perilaku yang berubah terhadap konsumen, seperti melakukan pembelian produk pertanian yang harus dalam kondisi baik ataupun steril," ucap Syahrul.

Maka dari itu, lanjut Syahrul, seluruh petani saat ini penting untuk meningkatkan protokol kesehatan mulai dari bercocok tanam hingga proses panen.

"Tak hanya petani, pelaku usaha di sektor pertanian juga harus menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitasnya. Sehingga kesehatan masyarakat juga tetap terjaga, dan produk pertanian dapat terus tumbuh," kata Syahrul.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas