Tribun

Virus Corona

Gandeng BNPB, UI Terbitkan Buku Pengalaman Indonesia Tangani Wabah Covid-19

UI bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) menerbitkan buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19'

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Gandeng BNPB, UI Terbitkan Buku Pengalaman Indonesia Tangani Wabah Covid-19
Istimewa
Universitas Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) menerbitkan buku 'Pengalaman Indonesia dalam Menangani Wabah Covid-19' yang dikemas dalam 3 judul tulisan karya Prof Fatma Lestari dan kawan-kawan.

Prof Fatma yang menjabat sebagai Ketua Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI menjelaskan judul pertama buku tersebut difokuskan pada pembahasan penanganan Covid-19 di level nasional.

Judul kedua difokuskan pada penanganan Covid-19 di 17 provinsi dan beberapa negara lain (internasional).

Baca: Jokowi Optimis Kondisi RI Kembali Normal Saat Vaksin Covid-19 Ditemukan

Serta judul ketiga meliputi pembahasan penanganan Covid-19 di 17 provinsi lainnya.

"Buku ini berisi kumpulan informasi dan pandangan dari sejumlah narasumber tentang perkembangan pandemi Covid-19 dan cara penanggulangannya di berbagai wilayah di Indonesia serta beberapa negara yang dinilai sukses melakukan penanggulangan, seperti Selandia Baru, Vietnam, Malaysia, Jerman, dan Korea Selatan," kata Prof Fatma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Informasi ini dibuat dalam bentuk tulisan bernarasi ilmiah populer yang didasarkan pada wawancara dengan narasumber dan policy makers dari instansi terkait, serta telaah kepustakaan.

Menurutnya, kehadiran buku ini menjadi sangat relevan karena hampir semua negara, termasuk Indonesia, hingga saat ini masih berjuang keras menghadapi pandemi ini.

Baca: Cerita Pasien Covid-19 di Jogja Dipaksa Pindah Kos saat Jalani Perawatan Demi Tenangkan Hati Warga

Saat ini, 213 negara terdampak oleh pandemi dan mengalami efek serius pada bidang kesehatan, ekonomi, sosial, dan politik.

Buku tersebut diharapkan dapat dibaca berbagai pihak yang terkait dalam penanggulangan Covid-19 baik dalam kapasitas individu maupun organisasi.

Baca: Update Pasien Positif Covid-19 di RSKI Pulau Galang Sepekan Terakhir

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas