Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAD Bahas Situasi Keamanan dan Pasukan Bersama Dirut PT Freeport Indonesia

Andika menjelaskan meski banyak prajurit Angkatan Darat yang terlibat dalam pengamanan PT Freeport Indonesia, komandonya berada di Markas Besar TNI.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in KSAD Bahas Situasi Keamanan dan Pasukan Bersama Dirut PT Freeport Indonesia
Tribunnews/Irwan Rismawan
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan saat konferensi pers terkait dengan perusakan Kantor Polsek Ciracas, di Mabesad, Jakarta, Minggu (30/8/2020). Dalam keterangannya, Kasad Andika Perkasa menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat sipil dan anggota Polri atas peristiwa penyerangan di Kantor Polsek Ciracas, Jakarta Timur, dan telah memeriksa 12 orang oknum prajurit TNI AD yang terlibat dalam aksi tersebut. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa membahas situasi keamanan terkini dengan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat Tony dan jajarannya melakukan kunjungan ke Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Dalam pertemuan tersebut Andika menjelaskan meski banyak prajurit Angkatan Darat yang terlibat dalam pengamanan perusahaan yang berstatus obyek vital nasional tersebut, rantai komandonya berada di Markas Besar TNI.

Andika mengatakan ia telah berpesan kepada prajurit TNI AD yang bertugas di sana agar bertugas dengan baik dan menjaga perilakunya selama bertugas.

"Memang Angkatan Darat terlibat banyak. Tapi kan sebetulnya chain of commandnya ini ada di Mabes TNI. Saya hanya bisa menitipkan saja. Tolong yang baiklah, take care, jangan sampai ada apa-apa, jangan sampai ada attitude yang tidak bagus," ungkap Andika dalam tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah di akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, pada Selasa (1/9/2020).

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas melakukan Nota Kesepahaman (MoU) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019). Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan PT Freeport Indonesia melakukan Nota Kesepahaman (MoU) Pengamanan wilayah dan kegiatan Freeport, di Timika, Papua. Pengamanan tersebut dikategorikan sebagai Obyek Vital Nasional yang bersifat strategis. (Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas melakukan Nota Kesepahaman (MoU) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019). Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan PT Freeport Indonesia melakukan Nota Kesepahaman (MoU) Pengamanan wilayah dan kegiatan Freeport, di Timika, Papua. Pengamanan tersebut dikategorikan sebagai Obyek Vital Nasional yang bersifat strategis. (Puspen TNI) (Puspen TNI/Puspen TNI)

Selain melaporkan terkait situasi keamanan terkini, Direktur Utama PT Freeport Indonesia mengungkapkan tujuannya mengunjungi Andika di antaranya juga melaporkan perkembangan terkini terkait situasi pasukan di Papua.

Ia berharap segala ancaman yang ditujukan pada PT Freeport Indonesia dapat ditangani dan berakhir secara kondusif.

Baca: Freeport Indonesia Dukung Indonesia dengan Terus Berkontribusi Saat Pandemi

Baca: Legislator PKB Gebrak Meja Saat Rapat Komisi VII dengan KESDM dan PT Freeport

"Saya khusus datang ke sini untuk menghadap Pak KSAD. Untuk dapat memberikan update terkini situasi terakhir di daerah kerja kita di Papua. Bagaimana situasi keamanannya, bagaimana situasi pasukan-pasukannya. Untuk memberikan laporan terkini terhadap Pak KSAD. Itu intinya pertemuan saya dengan Pak KSAD," kata Tony.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas