Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

KKP Angkat Bicara Perihal Produk Perikanan Indonesia Dilarang Masuk China karena Virus Corona

China larang produk perikanan Indonesia masuk negaranya karena mengandung virus corona.

KKP Angkat Bicara Perihal Produk Perikanan Indonesia Dilarang Masuk China karena Virus Corona
Tribunnews/JEPRIMA
Pedagang saat membersihkan sisik ikan di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2020). Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak warga untuk banyak mengonsumsi ikan sehat bermutu untuk melawan virus corona. Kandungan nutrisi pada ikan seperti seng, asam lemak omega 3, DHA, Vitamin A, D, B6 dan B12 pada ikan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) angkat bicara soal isu larangan ekspor produk perikanan RI ke China.

KKP telah mendapat surat pemberitahuan dari General Administration of Customs of the People's Republic of China (GACC) pada 18 September 2020.

Hal itu diketahui dari keterangan klarifikasi yang dikutip Kompas.com pada Minggu (20/9/2020).

Menindaklanjuti notifikasi tersebut, KKP melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Produk Perikanan (BKIPM) telah melakukan komunikasi dengan Atase Perdagangan RI di Beijing.

Berdasarkan surat GACC maka ekspor PT PI dihentikan sementara ke Tiongkok selama 7 hari terhitung sejak tanggal 18 September 2020.

Baca: Ilmuwan Inggris Temukan Alat Tes Covid-19 Baru, Tak Perlu Laboratorium, Hasil Keluar dalam 90 Menit

Namun, KKP menegaskan bahwa larangan ekspor hanya berlaku pada satu perusahaan itu saja.

"Kami tekankan bahwa yang dilarang ekspor hanyalah PT PI, sedangkan yang lainnya tetap bisa melakukan kegiatan ekspor seperti biasa," tulis keterangan dari Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri KKP.

Sejumlah pedagang saat mulai melakukan aktifitas di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (22/2/2019). Pasar Ikan Modern Muara Baru yang dibangun diatas lahan seluas 9.856 meter persegi tersebut kini sudah mulai ditempati oleh para pedagang ikan.
Sejumlah pedagang saat mulai melakukan aktifitas di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (22/2/2019). Pasar Ikan Modern Muara Baru yang dibangun diatas lahan seluas 9.856 meter persegi tersebut kini sudah mulai ditempati oleh para pedagang ikan. (Tribunnews/Jeprima)

KKP juga melakukan penghentian sementara pelayanan Health Certificate (HC) dengan menerbitkan penangguhan sementara terhadap PT PI yang saat ini sedang dalam proses investigasi.

Halaman Selanjutnya ---------->

Ikuti kami di
Editor: Archieva Prisyta
Sumber: TribunnewsWiki
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas