Tribun

Menaker Ida: Check List Data Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 Rampung Pekan Ini

Menaker Ida hari ini Selasa (22/9/2020) merampungkan kelengkapan 2,8 juta data calon penerima subsidi gaji tahap keempat.

Menaker Ida: Check List Data Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 Rampung Pekan Ini
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi subsidi gaji 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan pihaknya telah menerima 2,8 juta data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan bantuan subsidi upah/gaji tahap keempat, Rabu lalu.

Selanjutnya Kemnaker diberikan waktu paling lama empat hari untuk menyelesaikan checklist, melihat kelengkapan data sesuai kriteria penerima bantuan .

Diperkirakan checklist baru bisa dirampungkan pada Selasa (22/9/2020), atau hari ini.

“Jadi, jika minggu kemarin data diserahkan ke kami pada hari Rabu, maka proses check-list maksimal selesai hari Selasa,” kata Menaker Ida dalam keterangannya, Senin (21/8/2020).

Baca: Kabar Gembira! Subsidi Gaji Tahap IV Ditransfer Mulai Hari Ini, Cek Rekeningmu!

Ida berujar data tersebut baru akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) setelah proses check list rampung.

Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji/upah tahap IV tersebut kepada Bank Penyalur, yakni Bank yang masuk menjadi anggota HIMBARA.

“Selanjutnya, Bank-bank HIMBARA akan menyalurkan uang subsidi upah/gaji ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama HIMBARA, maupun rekening bank swasta lainnya,” ungkap Ida.

Menaker Ida usai melakukan kegiatan Senam Pekerja Sehat (SPS) di halaman kantor pengelola kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), di Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020).
Menaker Ida usai melakukan kegiatan Senam Pekerja Sehat (SPS) di halaman kantor pengelola kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), di Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). (Humas Kemnaker)

Berdasarkan data per 18 September 2020 , Ida menyebut realisasi penyaluran subsidi gaji/upah tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.

Selanjutnya untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.346 orang atau 99,34 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang.

Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.069.442 orang atau 87,70 persen dari total 3,5 juta orang.

“Alhamdulillah, penyaluran bantuan subsidi upah bagi para pekerja telah berjalan dengan baik. Dari tahap I sampai tahap III penyalurannya sudah mencapai angka 8.534.217 orang atau sekitar 94,82 persen dari total 9 juta orang penerima,” imbuhnya. 

Ida mengingatkan pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan masuk dalam kategori penerima subsidi agar teliti kembali saat memberikan nomor rekeningnya kepada pemberi kerja.

Hal tersebut untuk menghindari gagal transfer akibat rekening yang tutup, statusnya pasif dan bahkan tidak valid.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas