Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringati Hari Santri, Kemenag Ajak Youtuber Syiarkan Shalawat

Kemenag berharap ada kolaborasi aktif antara Kemenag dan Youtuber melantun shalawat untuk pengembangan budaya shalawat di Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Peringati Hari Santri, Kemenag Ajak Youtuber Syiarkan Shalawat
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ribuan santri mengikuti pawai seusai menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019). Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengusung tema "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia". (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menggelar ‘Youtuber Shalawat Summit’ pada rangkaian peringatan Hari Santri 2020 Dengan Shalawat Indonesia Kuat, Rabu (14/10).

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghofur mengungkapkan shalawat yang dinyanyikan oleh Youtuber dengan lantunan yang merdu adalah gambaran Islam yang sesungguhnya.

"Kita harus menampilkan Islam yang ramah, bukan yang marah, Islam yang merangkul. Dan itu direfleksikan serta diaktualisasikan oleh kalangan madrasah dan pesantren," ungkap Waryono.

Baca juga: Gus Jazil: Santri Tak Hanya Perlu Sehat Namun Pendidikannya Juga Perlu Dibantu




Dalam event yang digelar secara online ini, Kemenag mengajak tiga Youtuber pelantun salawat, yakni Sulis, Veve Zulfikar Basyaiban dan Syakir Daulay.

Waryono mengaku bersyukur bisa bertatap muka dengan youtuber pelantun shalawat bahkan secara virtual yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

"Alhamdulillah, ini menyuarakan suara Islam yang indah dan ini diperlukan untuk pergaulan di Indonesia dan dunia. Kita harus melawan hoaks dengan keindahan Islam, dengan perilaku, dengan shalawat," ucap Waryono.

Baca juga: Dipukul Rotan Setiap Lakukan Kesalahan, 3 Santri Lapor ke Polsek Pamulang, 4 Orang Jadi Tersangka

Waryono meminta para santri di berbagai pesantren dan siswa madrasah mempunyai group ataupun individu cinta shalawat.

BERITA TERKAIT

Pihaknya berharap adanya kolaborasi aktif antara Kemenag dan Youtuber melantun shalawat untuk pengembangan budaya shalawat di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas