Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

36 Perguruan Tinggi Berpartisipasi di Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara

Ajang nasional yang dihelat secara virtual ini mengangkat tema kewirausahaan demi mendorong mahasiswa mampu mandiri melalui kegiatan bisnis

36 Perguruan Tinggi Berpartisipasi di Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara
istimewa
Rektor Untar Agustinus Purna Irawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 600 mahasiswa dari 36 perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi di program Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020 yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara ( Untar), Jakarta.

Program yang digelar secara virtual di kampus Untar, Jakarta, Kamis (15/10/2020) ini menggelar ajang nasional Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020. Ajang nasional yang dihelat secara virtual ini mengangkat tema kewirausahaan demi mendorong mahasiswa mampu mandiri melalui kegiatan bisnis yang dirintisnya.

Baca juga: 4 Kisah Mereka yang Berhasil Bangkit Setelah Terdampak Pandemi, Raup Untung Banyak dari Bisnis Baru

"Setiap tahun dibutuhkan sekitar 3 juta lapangan pekerjaan. Kalangan kampus atau perguruan tinggi harus kreatif dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul, tenaga profesional untuk memasuki dunia pekerjaan," ungkap Rektor Untar Agustinus Purna Irawan.

Agustinus menjelaskan, progran Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020 merupakan implementasi konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ditambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ajang interaksi dosen, mahasiswa, serta pelaku usaha sehingga mampu membentuk jejaring.

Selanjutnya, mahasiswa didorong mampu membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong kesempatan kerja bagi orang lain.

Baca juga: PM Jepang ke Indonesia, Visa Bisnis Pemagang dan Pelajar Indonesia Dibuka

Agustinus Purna Irawan menambahkan, kegiatan pertukaran mahasiswa nasional ini baru pertama kali digelar Untar bersamaan dengan munculnya pandemi.

Kegiatan selama tiga hari ini diharapkan pula mampu melahirkan startup baru sekaligus menjadi entrepreneur baru.

Di kampus Untar saat ini terdapat 3.000an mahasiswa yang sudah mempunyai bisnis dari total 15 ribu mahasiswa yang berkuliah di sana.

Mereka umumnya berasal dari keluarga pebisnis yang telah sukses dan menitipkan anak anaknya menempuh kuliah di Untar.

Amir Hamzah, Rektor Institut Sains dan Teknologi AKRPIND Yogyakarta Amir Hamzah mendukung penyelenggaraan Pertukarang Mahasiswa Nusantara 2020 ini.

"Ini merupakan kuliah terbesar yang diikuti 36 kampus dan ratusan mahasiswa yang bergabung,” kata Amir Hamzah.

Kegiatan ini juga diisi dengan acara diskusi menampilkan alumni Untar yang sudah sukses menjadi pengusaha muda, yakni Tania Hendrica, founder Papermotion yang membagikan tips dan kiat membangun startup yang sukses melalui upaya keras membangun networking.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas