Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Skenario yang Harus Dilakukan Pemda jika Cabut PSBB

pencabutan kebijakan pembatasan sosial juga harus diikuti dengan cakupan Testing-Lacak-Isolasi TLI atau 3T (test-tracing-treat).

Skenario yang Harus Dilakukan Pemda jika Cabut PSBB
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Warga menikmati dengan berbagai aktivitas di taman Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020). Masuk PSBB transisi taman Banteng sudah dibuka untuk umum. Sehingga warga dapat beraktivitas dengan enak. Untuk sementara taman dibuka pada hari libur dibuka pukul 05.00-11.00 dan kembali buka lagi pukul 14-18. Sementara hari biasa pukul 06.00-11.00 dan buka kembali pukul 14.00-18. Aktivitas pun masih wajib mengikuti protokol kesehatan bagi pengunjung yang hendak menikmati indahnya taman di pusat kota. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Tim Pemodelan Covid-19 FKMUI, dr Iwan Ariawan menyatakan pemerintah daerah harus melakukan dua rasional skenario saat mencabut aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB).

Hal itu berguna untuk menekan jumlah penularan Covid-19 secara efektif.

Pertama, saat penduduk diizinkan beraktivitas secara bertahap, maka penduduk harus berperilaku untuk mengurangi risiko penularan, yaitu dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan).

"Di masyarakat ini yang sudah digembar-gemborkan oleh pemerintah yaitu protokol kesehatan. Ini adalah bukti dari publikasi ilmiah yang ada tentang protokol kesehatan," ujar dalam webinar Bappenas RI, Jumat (23/10/2020).

Perilaku cuci tangan pakai sabun itu kalau dari beberapa penelitian tentang covid 19 bisa menurunkan risiko atau resiko tertularnya itu kurang lebih 35 persen.

Kemudian, menggunakan masker kain bisa menurunkan resiko kurang lebih 45%.

Baca juga: Terjaring Razia Masker, Pelajar 16 Tahun di Tegal Sebut Corona Itu Konspirasi Asing

Jika menggunakan masker bedah bisa menurunkan resiko sebesar 80%.

Serta jaga jarak minimal satu meter atau orang di rumah saja bisa menurunkan resiko sebesar 85%.

"Jadi dari tiga perilaku (3M) itu sebetulnya banyak dampaknya untuk menurunkan risiko terkena Covid-19. Perilaku ini dilakukan bersama-sama tentu efeknya lebih banyak lagi," terang dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas