Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sri Mulyani Cari Generasi Penerus Melalui Lomba Debat APBN

Sri Mulyani menilai bahwa pelaksanaan dan cara sosialisasi APBN dalam bentuk yang lebih kreatif kepada masyarakat menjadi sangat penting

Sri Mulyani Cari Generasi Penerus Melalui Lomba Debat APBN
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Menteri Keuangan - Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa acara lomba atau debat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang melibatkan perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan, ini adalah salah satu cara yang baik dan positif untuk lebih mengenalkan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang APBN, serta pengelolaan kebijakan pemerintah di bidang keuangan negara.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi juri dalam acara “Debat Hebat APBN: Kolaborasi Membangun Negeri” yang diselenggarakan secara virtual.

“Para peserta ini yang sudah mengikuti lomba debat ini merupakan sedikit elit dari para mahasiswa yang begitu banyak. Kemudian, akan menjadi generasi penerus untuk bisa terus memahami bahwa ternyata membuat policy itu ada banyak dimensi yang harus dipertimbangkan,” ujarnya, Senin (26/10/2020).

Sri Mulyani menilai bahwa pelaksanaan dan cara sosialisasi APBN dalam bentuk yang lebih kreatif kepada masyarakat menjadi sangat penting.

Hal tersebut dikarenakan saat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat berkembang pesat di masyarakat.

Baca juga: Jurus Sri Mulyani Tertibkan Anggaran di Kementerian dan Lembaga

Menurut dia, informasi yang ada di masyarakat terkadang muncul hanya sepotong-sepotong dan tidak menyajikan data secara lebih holistik.

Maka, lanjut Sri Mulyani, pemerintah harus lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dalam melakukan edukasi kepada masyarakat.

Acara Debat Hebat APBN kali ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara kreatif pemerintah dalam memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat khususnya tentang pengelolaan keuangan negara.

Dia menambahkan, acara ini merupakan ajang bagi para peserta dan mahasiswa untuk lebih memahami dan mempunyai kepedulian yang lebih tinggi terhadap APBN.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga berharap bahwa melalui acara ini, para mahasiswa bisa memberikan saran dan masukan yang konstruktif yang baik terhadap pemerintah.

“Ini adalah cara training untuk Anda generasi muda untuk bisa mulai peduli, memahami, dan yang paling penting merasa memiliki bahwa APBN ini adalah uang kita. Anda nanti adalah generasi penerus dan saya berharap Anda akan menjadi salah satu generasi muda yang bisa berdebat secara baik,” pungkas Sri Mulyani.

Ikuti kami di
Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas