Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

SLOM+3 Sepakat Tingkatkan Kerja Sama ASEAN Bidang Ketenagakerjaan

Korea Selatan mendukung berbagai kerja sama regional ketenagakerjaan untuk menghentikan perdagangan manusia (human trafficking) di ASEAN

SLOM+3 Sepakat Tingkatkan Kerja Sama ASEAN Bidang Ketenagakerjaan
ist
Anwar Sanusi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ASEAN dan 3 negara mitranya yaitu RRT (China), Jepang, dan Republik Korea (Korea Selatan), sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang ketenagakerjaan.

Kesepakatan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan negara-negara tersebut terungkap dalam pertemuan 18th Senior Labour Officials Meeting Plus Three (SLOM+3), secara hybrid virtual meeting di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Dari diskusi pertemuan SLOM tadi, ketiga negara mitra sangat terbuka sekali berbagai kesempatan untuk bekerja sama bidang ketenagakerjaan," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menjelaskan, salah satu peluang kerja di Jepang yang sedang dibuka lebar untuk pekerja asing terutama dari Indonesia, adalah sebagai perawat alias caregiver.

Caregiver dalam bahasa Jepang disebut Kaigofukushishi yang tugasnya adalah merawat lansia di Jepang.

Baca juga: Jepang Buka Lebar Peluang Kerja Jadi Perawat dan Caregiver dari Indonesia

"Indonesia memiliki kans mengirim tenaga kerja non blue collar seperti caregiver.  Banyak lansia di Jepang yang membutuhkan tenaga perawat," kata Anwar Sanusi.

Sementara Korea Selatan mendukung berbagai kerja sama regional ketenagakerjaan untuk menghentikan perdagangan manusia (human trafficking) di ASEAN.

Korea sepakat untuk kerja sama meningkatkan perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran dari eksploitasi dan penganiayaan.

Termasuk, memperkuat perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran dengan meningkatkan tata kelola tenaga kerja di negara-negara ASEAN.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas