Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Pernyataan Presiden Perancis, Menag: Tunjukkan Sikap Tegas, Junjung Tinggi Watak Umat Beragama

Menag dukung sikap Kemlu RI yang memanggil Duta Besar Perancis untuk menyampaikan protes pada pernyataan Perancis yang dinilai menghina Islam.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Soal Pernyataan Presiden Perancis, Menag: Tunjukkan Sikap Tegas, Junjung Tinggi Watak Umat Beragama
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang memanggil Duta Besar Perancis untuk menyampaikan protes pada pernyataan Presiden Perancis yang dinilai menghina Islam.

Menurutnya, pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme.

“Setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain, termasuk terkait pemahaman visualisasi Nabi Muhammad,” ujar Menag di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Ia menuturkan, kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apapun.

Baca juga: POPULER INTERNASIONAL: Fakta Presiden Perancis yang Hina Islam | Pria Hidup Mengandalkan Voucher

 

Dirinya melanjutkan, menghina simbol agama adalah tindakan kriminal. Pelakunya harus bertanggung jawab dan ditindak sesuai ketentuan hukum.

"Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri, apalagi dengan melakukan pembunuhan. Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," jelas Fachrul.

BERITA REKOMENDASI

Menag mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

“Keagungan Islam tidak bisa ditegakkan dengan melanggar nilai-nilai kemanusiaan. Tunjukkan sikap tegas dengan tetap menjunjung tinggi watak umat beragama yang menolak tindak kekerasan," harap mantan wakil Panglima TNI ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas