Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendikbud Nadiem: Tanpa Mengambil Risiko, Tidak Ada yang Namanya Inovasi

Nadiem Makarim menyebut inovasi tidak akan ada, tanpa keberanian para anak muda mengambil risiko.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mendikbud Nadiem: Tanpa Mengambil Risiko, Tidak Ada yang Namanya Inovasi
Kemendikbud
Mendikbud Nadiem Makarim saat luncurkan empat kebijakan merdeka belajar dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020).(Kemendikbud) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berpesan agar para pemuda berani mengambil risiko untuk menciptakan inovasi.

Nadiem menyebut inovasi tidak akan ada, tanpa keberanian para anak muda mengambil risiko.

"Keberanian kita mengambil risiko akan sangat penting juga, karena tanpa mengambil risiko, itu artinya tidak ada yang namanya inovasi. Inovasi itu tidak ada, tidak mungkin bisa tercapai tanpa anda mengambil risiko," ujar Nadiem dalam Studium Generale LPDP yang disiarkan oleh Channel Youtube LPDP RI, Senin (2/11/2020).

Menurut Nadiem, saat ini keberanian mengambil risiko bagi para anak muda menjadi penentu yang paling penting dalam menciptakan perubahan.

"Jadinya kemampuan dan keberanian untuk generasi muda kita mengambil risiko juga menjadi maha penting," tutur Nadiem.

Baca juga: Pesan Nadiem untuk Penerima Beasiswa LPDP: Kembali ke Tanah Air, Berkarya untuk Bangsa

Selain itu, Nadiem menekankan pentingnya kolaborasi sesama anak muda dalam menciptakan inovasi.

BERITA REKOMENDASI

Mantan CEO Gojek ini menilai kemampuan anak muda dalam berkolaborasi akan sangat berguna di tengah perkembangan teknologi.

"Kemampuan berkolaborasi menjadi Maha penting. Kemampuan anak-anak generasi muda kita bekerjasama untuk menciptakan sesuatu, untuk menghasilkan sesuatu, melakukan berbagai macam hal yang produktif secara tim, itu akan menjadi semakin penting dengan perkembangan teknologi," tutur Nadiem.

Dia juga menekankan pentingnya kemauan untuk terus belajar di tengah masifnya perubahan. Menurut Nadiem, pembelajaran hal baru harus dilakukan hingga seumur baru.

"Jadinya cinta akan belajar, punya mindset continuous learning seumur hidup. Itu luar biasa pentingnya. Kita harus mengerti caranya belajar dan mengerti bagaimana memotivasi diri belajar seumur hidup," kata Nadiem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas