Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ketua DPD RI Ungkap Peran Para Senator Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Berbagai Daerah

Satu di antara peran DPD RI dalam membantu masyarakat perangi Covid-19 adalah mengawasi pelaksanaan UU Karantina Kesehatan.

Ketua DPD RI Ungkap Peran Para Senator Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Berbagai Daerah
TRIBUN/DANY PERMANA
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti berbincang dengan redaksi Tribun Network di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/11/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu di antara peran DPD RI dalam membantu masyarakat perangi Covid-19 adalah mengawasi pelaksanaan UU Karantina Kesehatan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan di lapangan.

Demikian hal ini disampaikan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dalam wawancara khusus dengan Tribun Network, Senin (30/11/2020) kemarin.

Menurut La Nyalla, sudah ada komitmen bersama antara DPD RI, KPU RI dan Kemendagri terhadap penerapan protokol kesehatan dalam Pilkada Desember, di mana DPD RI turut serta melakukan pengawasan.

Baca juga: Ketua DPD RI Doakan Kesembuhan Said Aqil yang Dinyatakan Positif Covid-19

"Secara personal, masing-masing Senator juga melakukan fungsi tersebut saat reses di daerah. Bahkan soal penanganan Covid-19, baik di sektor kesehatan maupun pemulihan ekonomi menjadi salah satu tema resmi dalam reses anggota," katanya.

"Saya secara pribadi, dalam beberapa kesempatan reses dan kunjungan kerja, juga ikut membantu menyalurkan alat pelindung diri (APD) ke beberapa fasilitas kesehatan. Terutama ke rumah sakit di daerah, yang dalam beberapa kasus masih kesulitan mengakses APD dari pemerintah," tambah La Nyalla

Dalam kesempatan itu, La Nyalla juga menyinggung pentingnya peran Vaksin Covid-19 bagi kesehatan masyarakat.

Baca juga: DPD RI Akan Temui Maruf Amin Bahas Soal Pelonggaran Moratorium Pemekaran Daerah

"Pertama, semua Pandemi Virus memang pada akhirnya hanya dapat diakhiri dengan adanya vaksin. Seperti Virus Flu, Maningitis, Ebola, SARS dan lainnya," terang La Nyall.

"Kedua, vaksin adalah jalan keluar satu-satunya untuk kita kembali ke situasi kehidupan manusia sebelumnya, dimana kita dapat berinteraksi seperti sediakala. Sehingga pemulihan ekonomi dapat kembali terjadi. Karena kan prinsip dasar ekonomi adalah terjadinya transaksi di pasar, dan transaksi itu, adalah bertemunya pembeli dan penjual," katanya.

Saat ditanya soal maraknya rumor negatif terhadap pemerintah dalam hal Covid 19, politik, keagamaan dan ekonomi, La Nyalla mengakui hal tersebut ada. Namun, sambungnya, jika sebatas rumor tentulah tak perlu ditanggapi serius.

Baca juga: DPD RI Akan Fokus Kawal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

"Saya hanya melihat, apakah roadmap yang disusun pemerintah sudah benar atau kurang. Kalau kurang akan saya sampaikan kepada pemerintah, bahwa kurangnya di sini. Dan kalau sudah benar, saya bantu melakukan sosialisasi ke daerah."

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas