Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Legislator PAN Apresiasi Anies Baswedan yang Umumkan Dirinya Terjangkit Covid-19

Saleh mengapresiasi tindakan yang diambil Anies Baswedan dengan mengumumkan dirinya terjangkit Covid-19.

Legislator PAN Apresiasi Anies Baswedan yang Umumkan Dirinya Terjangkit Covid-19
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Suasana gedung Blok G di komplek kantor Gubernur DKI Jakarta yang beroperasi seperti biasa, usai Gubernur Anies Baswedan Positif Covid-19, Selasa (1/12/2020). Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpaksa ditutup sementara setelah Anies Baswedan dan Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan dirinya terjangkit virus corona atau Covid-19.

Terkait hal itu, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengaku prihatin bahwa Anies hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terpapar corona.

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri, Begini Reaksi Istana

Baca juga: Tidak Ada Gejala Usai Positif Covid-19, Anies Baswedan Berpisah dari Keluarga & Tinggal Sendirian

"Pertama, saya tentu merasa prihatin dan bersedih karena pak Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19. Dan sebelumnya kita sudah mengetahui sekda DKI juga pernah Covid-19, dan beberapa hari lalu wakil gubernur juga positif. Ini tentu adalah sesuatu yang perlu diwaspadai oleh kita semua terkait dengan merebaknya kasus Covid-19 ini," ujar Saleh, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (2/12/2020).

Meski demikian, Saleh mengapresiasi tindakan yang diambil Anies Baswedan dengan mengumumkan dirinya terjangkit Covid-19.

Karena menurut politikus PAN tersebut ada banyak orang yang berusaha menutupi jika misalnya mereka terkena Covid-19.

"Tetapi dengan tindakan yang dilakukan oleh Pak Anies ini, saya melihat suatu hal yang positif, sehingga masyarakat tidak menganggap Covid-19 itu sesuatu yang tabu atau aib atau harus disembunyikan," kata Saleh.

"Mudah-mudahan ini bisa dicontoh oleh masyarakat lain yang kena Covid-19, sehingga tidak takut untuk mengumumkan terjangkit," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Covid-19 berdasarkan tes usap yang dilakukan pada Senin (30/11) dan hasilnya baru keluar pada Selasa (1/12) pagi.

Meski dinyatakan positif, Anies akan tetap menjalankan roda pemerintah bersama wakilnya Ahmad Riza Patria yang juga sudah lebih dulu dinyatakan positif Corona. Keduanya akan tetap bekerja lewat pertemuan dan rapat virtual.

"Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu," ungkap Anies dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Anies menyatakan saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. Ia akan melakukan isolasi mandiri secara terpisah dengan rumah yang ditinggali keluarganya.

Ruang kantor Gubernur DKI akan ditutup seperti halnya unit kantor Wakil Gubernur di Blok B yang lebih dulu ditutup.

Sementara gedung utama Balai Kota yang lokasinya berbeda dengan ruang kantor Anies dan Riza akan tetap beroperasi sesuai protokol kesehatan.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," pungkas Anies.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas