Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima Kolinlamil Resmikan Satlinlamil 3 Makassar

Peresmian Satlinlamil 3 Makassar merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI Angkatan Laut.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Willem Jonata
zoom-in Panglima Kolinlamil Resmikan Satlinlamil 3 Makassar
Dispen Kolinlamil
Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 yang memperkuat lintas laut perairan wilayah timur diresmikan di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (2/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 yang memperkuat lintas laut perairan wilayah timur di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/12/2020). 

Peresmian Satlinlamil 3 Makassar merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI Angkatan Laut sesuai Perpres nomor 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Perkasal nomor 20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer 3. 

Satuan Komando pelaksana pembinaan Kolinlamil tersebut merupakan yang ketiga setelah Satlinlamil 1 yang di Jakarta dan Satlinlamil 2 di Surabaya Jawa Timur. 

Baca juga: Doni Monardo Apresiasi Sumbangsih KSAL Yudo Margono dalam Penanganan Covid-19

Irwan mengatakan Satlinlamil 3 Makassar merupakan satuan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Makassar dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis. 

Fungsi tersebut yakni sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

“Satlinlamil 3 Makassar memiliki tugas pokok menyiapkan unsur-unsur KRI dijajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya wilayah timur Indonesia,” kata Irwan dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Kolinlamil pada Rabu (2/12/2020).

BERITA REKOMENDASI

Kota Makassar dipilih, kata Irwan, karena secara strategis sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan Kolinlamil.

Baca juga: Laksamana Yudo Margono Perintahkan Jajaran TNI AL Cepat Beradaptasi dengan New Normal

"Dipilih Kota Makassar untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan satuan-satuan taktis TNI. Inilah wujud konsep pembangunan kekuatan Trimatra terpadu dalam bentuk sinergitas gelar kekuatan dan organisasi TNI," kata Irwan. 

Selain itu Irwan menjelaskan pembentukan Satlinlamil 3 Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi 3 Makassar.

Pembentukan tersebut, kata Irwan, juga sesuai dengan program prioritas KSAL tentang pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan begitu juga kesiapan operasional alutsista TNI AL

Dengan demikian, kata Irwan, kehadiran Satlinlamil 3 Makassar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia.

Dalam upacara tersebut Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentinus telah diperintahkan secara resmi sebagai Komandan Satlinlamil 30 Makassar setelah menandatangani Pakta integritas dan sumpah jabatan.

Turut hadir dalam upacara peresmian tersebut, Pangdam XIV Hasanudin, Kapolda Sulsel, Pangdiv 3 Kostrad, Kas Koops AU 2, Perwakilan Gubernur Sulsel, Walikota Makassar, Kajati Sulsel, Kepala Pengadilan Tinggi Sulsel, Ka Syahbandar utama Makassar dan GM Pelindo 4 Makassar

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas