Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Singgung Green Economy, Menteri PUPR: Penghijauan akan Dilakukan di Infrastruktur Indonesia

Kementerian PUPR akan manfaatkan musim penghujan untuk melakukan penghijauan di infrastruktur Indonesia, khususnya bendungan dan jalan tol.

Singgung Green Economy, Menteri PUPR: Penghijauan akan Dilakukan di Infrastruktur Indonesia
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Bendungan Gondang? yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (2/5/2019) untuk irigasi dan potensi wisata 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melangsungkan kegiatan penanaman pohon greenbelt (sabuk hijau) di Bendungan Gondang, Jawa Tengah, Sabtu (5/12/2020).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan langkah ini bagian dari green economy sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Sekali lagi Bapak Presiden sampaikan green economy ini yang akan dijual ke internasional. Kita akan manfaatkan musim penghujan ini untuk melakukan penghijauan di infrastruktur Indonesia khususnya bendungan dan jalan tol," kata Basuki yang hadir secara virtual, Sabtu (5/12/2020).

Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar
Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar (TRIBUNNEWS.COM/THERESIA)

Basuki juga menekankan semua kegiatan pembangunan PUPR, prosesnya harus fokus penyediaan lapangan kerja atau padat karya.

Dia menerangkan, misalnya penghijauan ini, mulai saat pembibitan harus disediakan lapangan kerja, kemudian penanaman hingga pemeliharaan juga membuka lapangan kerja baru.

"Sehingga penghijauan ini bisa dimanfaatkan untuk penyediaan lapangan kerja. Kita bisa rumuskan lagi dengan kepala balai terkait keberlanjutan program penghijauan ini," bebernya.

Sementara Staf Ahli PUPR Bidang Sosial, Budaya, dan Peran Masyarakat Sudhirman mengatakan penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-75 yang jatuh setiap 3 Desember. 

Pohon yang ditanam terdiri dari dua jenis yakni, pohon yang memperkuat infrastruktur dan bernilai ekonomis terutama dari buahnya.

Dia melanjutkan, teknis penanaman pohon telah diatur dengan memperhatikan kondisi lahan dan area infrastrukturn sampai ke urusan pemeliharaannya.

Bendungan Gondang? yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (2/5/2019) untuk irigasi dan potensi wisata
Bendungan Gondang? yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (2/5/2019) untuk irigasi dan potensi wisata (Theresia Felisiani/Tribunnews.com)

Dalam kegiatan pelaksanaannya, kegiatan tersebut mengikutsertakan Ikatan Pensiunan PUPR, Gerakan Nasional Penyelamatan Air, dan komunitas-komunitas binaan di unit organisasi dan balai-balai yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Menurutnya, penanaman pohon bagian dari komitmen kuat Kementerian PUPR dalam rangka menciptakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan ramah lingkungan (environmental friendly). 

Dengan pendekatan tersebut, fungsi-fungsi pembangunan infrastruktur dinilai tetap menjadi prioritas namun tetap memperhatikan kondisi alam di sekitarnya, termasuk kebersihan. 

"Insya Allah, keikhlasan dan dedikasi Bapak, Ibu, Saudara akan mempunyai makna penting dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan ramah lingkungan," tukas Sudhirman.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas