Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Sinovac, Ini Daftar Vaksin yang akan Digunakan di Indonesia

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China telah tiba di Indonesia pada Minggu, (8/12/2012).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Selain Sinovac, Ini Daftar Vaksin yang akan Digunakan di Indonesia
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Wiku Adisasmito 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China telah tiba di Indonesia pada Minggu, (8/12/2012).

Vaksin tersebut kemudian akan melalui proses penilaian dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sebelum kemudian dikeluarkan izin penggunaan daruratnya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19,  Wiku Adisasmito mengatakan bahwa selain buatan Sinovac terdapat sejumlah vaksin yang akan digunakan di Indonesia.

Baca juga: Sebaran Virus Corona Indonesia Selasa (8/12/2020): DKI Jakarta Catat 1.194 Kasus Baru & 1.189 Sembuh

Vaksin tersebut ada yang diproduksi di dalam negeri oleh perusahaan plat merah Biofarma dan juga diproduksi oleh perusahaan farmasi di luar negeri.

"Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan nomor 9860 tahun 2020 yaitu diantaranya adalah AstraZeneca, Biofarma, Moderna , Pfitzer dan Sinopharm," kata Wiku dalam Konferensi pers di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (8/12/2020).

Berdasarkan SK Menkes tersebut seluruh vaksin yang akan digunakan di Indonesia harus mendapatkan izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang baru tiba di Indonesia tidak bisa langsung digunakan, karena menunggu penilaian uji mutu dan keamanan dari BPOM.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Datang, KITA: Bukti Keseriusan Pemerintah

"Vaksin saat ini disimpan di Biofarma, Bandung, Jawa Barat. Vaksin sinovac yang baru masuk ke Indoensia masih menunggu EUA atau Emergency Used Authorization yang akan dikeluarkan BPOM," katanya.

Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang akan diberikan ke masyarakat nantinya merupakan vaksin telah lolos uji melalui prosedur ilmiah dan uji klinik sesuai standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai dengan rekomendasi WHO," kata Terawan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas