Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Tangani Karantina Penumpang Rute Internasional Selama 5 Hari

Satgas Udara Penanganan Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta memfasilitasi kebutuhan karantina bagi penumpang penerbangan rute internasional.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pemerintah Tangani Karantina Penumpang Rute Internasional Selama 5 Hari
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANDARA RAMAI JELANG LIBURAN - Calon penumpang pesawat memenuhi areal Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, yang akan berangkat mudik maupun liburan Nataru ke kampung halamannya, Rabu (17/12/2020). Selain itu juga Airport Health Centre yang berada di areal bandara juga ikut diserbu warga yang akan menjalani rapid test antigen terkait pemberlakuan penerapan rapid test antigen bagi mereka yang ingin ke luar masuk Jakarta melalui bandara, stasiun maupun terminal.WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satgas Udara Penanganan Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta memfasilitasi kebutuhan karantina bagi penumpang penerbangan rute internasional.

Protokol kesehatan karantina ini tercantum di dalam Addendum SE Nomor 03 Tahun 2020, yang memasukkan ketentuan khusus.




Yakni, WNA dari Inggris yang memasuki Indonesia baik langsung maupun transit di negara asing.

Ketua Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas M.A Silaban (TNI AU) menyatakan persiapan dilakukan seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini menjadi pintu masuk utama penerbangan internasional di Indonesia.

Baca juga: Penumpang Numpuk di Terminal 3 di Bandara Soetta, Satgas: Itu Lagi Nunggu Bus ke Karantina

“Mulai kemarin, 28 Desember 2020, seluruh penumpang rute internasional yang tiba di Indonesia termasuk di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta harus melakukan karantina selama lima hari di lokasi yang disiapkan,” ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Menparekraf: Penerapan Protokol Kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Sudah Bagus

Bagi WNI, karantina dilakukan di akomodasi karantina khusus yang disediakan pemerintah. 

BERITA TERKAIT

Di lokasi karantina, akan dilakukan pemeriksaan PCR test dua kali, pertama saat baru tiba dan kedua dalam 5 hari ke depan.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta dr. Darmawali Handoko kepada media mengatakan terdapat sekitar 200 orang penumpang internasional yang menunggu di Terminal 3 Kedatangan Internasional untuk menjalani proses karantina.

“Ada sekitar 200-an orang itu ya tadi malam, tapi intinya semua sudah tersalurkan ke hotel," jelas dr. Darmawali Handoko.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan dukungan selalu diberikan kepada Satgas Udara Penanganan Covid-19 dalam memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

“Seluruh proses di bandara lancar, mulai dari proses pendaratan pesawat, penanganan bagasi oleh ground handling, lalu proses pengecekan eHAC dan dokumen kesehatan, imigrasi, serta Bea Cukai,” ucap Agus.

“Kami juga akan mendukung agar seluruh proses kedatangan penumpang pesawat internasional sesuai dengan protokol kesehatan dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas