Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tahun Baru 2021

Puncak Arus Balik Terjadi Besok, Pengguna Jalan Diimbau Hindari Pulang Bersamaan

Untuk menghindari penumpukan kendaraan pada Minggu besok, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengatur waktur perjalanan kembali ke Jakarta.

Puncak Arus Balik Terjadi Besok, Pengguna Jalan Diimbau Hindari Pulang Bersamaan
IST
Antrean kendaraan memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menyampaikan kemungkinan arus balik libur Tahun Baru 2021 akan terjadi Minggu (3/1/2021).

Untuk menghindari penumpukan kendaraan, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat mengatur waktur perjalanan kembali ke Jakarta.

“Guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, kami memohon kerjasama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Minggu 3 Januari 2021 yang diprediksi menjadi puncak arus balik,” ucap Heru di Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

Baca juga: Besok Puncak Arus Balik Tahun Baru, Jasa Marga Prediksi 205 Ribu Kendaraan akan Kembali ke Jakarta

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. 

Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

Jasa Marga juga memastikan proyek pekerjaan di jalan tol yang berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas dihentikan sementara, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan. 

“Jasa Marga juga mendukung Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan pihak Kepolisian untuk melakukan pembatasan operasional angkutan barang berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.24/AJ.201/DRJD/2020 tanggal 10 Desember 2020,” urainya.

Baca juga: Jasa Marga Catat 125 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta pada Hari Pertama Arus Balik Libur Natal

Berdasarkan SE tersebut, pembatasan operasional angkutan barang sumbu 3 atau lebih berupa pengalihan arus lalin dari jalan tol menuju arteri. 

Untuk arus balik, mobil barang akan dilakukan pemeriksaan untuk pengalihan ke jalan arteri pantura dari arah Timur ke arah Barat mulai dari GT Kendal dan akan diperketat di GT Palimanan 4 dan masuk kembali di GT Cikarang Barat pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Selama arus balik libur Tahun Baru 2021, pengaturan ini akan diberlakukan sejak tanggal 2 Januari 2021,mulai pukul 12.00 WIB hingga 4 Januari 2021 pukul 08.00 WIB.

Jasa Marga juga senantiasa mengimbau agar pengguna jalan tol memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di rest area.

Pengguna jalan diimbau selalu memastikan BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas