Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Presiden Jokowi Soroti Motivasi Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan Berkurang

Disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun, Presiden Jokowi minta para gubernur gencarkan kembali penegakan protokol kesehatan.

Presiden Jokowi Soroti Motivasi Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan Berkurang
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Petugas PT KA sedang memeriksa suhu bagi penumpang Comuterline di Stasiun Pasar Senen, Minggu (3/1/2021). PT KA menerapkan Protokol kesehatan bagi semua orang yang keluar masuk stasiun. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga Kabinet Indonesia Maju serta para gubernur di Istana Negara, Rabu, (6/1/2021).

Rapat membahas mengenai penanganan Covid-19 dan rencana vaksinasi

Dalam rapat tersebut presiden meminta jajarannya berusaha keras agar penerapan protokol kesehatan 3M mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta upaya 3T (tracing, testing, dan treatment) betul-betul dilakukan di lapangan.

"Betul-betul bisa kita lakukan di lapangan, sekali di lapangan," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Vaksinasi akan Dimulai Minggu Depan 

Pasalnya kata Presiden berdasarkan survei yang dilakukan, motivasi masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan menurun. 

"Karena dari survei yang kita lakukan sekarang ini motivasi disiplin terhadap protokol kesehatan masyarakat itu berkurang. memakai masker mencuci tangan menjaga jarak ini berkurang," katanya.

Di sisi lain, menurut Presiden kondisi pandemi Covid-19 di sejumlah negara terjadi peningkatan. Mulai dari Jepang, Inggris, dan Thailand.

"Kita tahu dua hari yang lalu, tiga hari yang lalu, Bangkok lockdown, Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat, London juga dilockdown, kemudian juga disuruh Inggris juga di Lockdown,  karena penyebaran Covid-19  yang sangat eksponensial," tuturnya.

Baca juga: Satgas Covid-19: 1,1 Juta Orang Terpantau Berada di Tempat Wisata saat Libur Nataru

Oleh karenanya Presiden meminta para gubernur agar menggencarkan kembali penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Karena tadi surveinya memang disiplin terhadap protokol kesehatan ini  menurun," katanya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,  Kapolri Jenderal Idham Azis

Selain itu tampak hadir juga Menlu Retno Marsudi, Mensos Tri Rismaharini, Menaker Ida Fauziah, Menkes Budi Gunadi Sadikin,  Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan lainnya.

Sementara para gubernur mengikuti rapat secara virtual.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas