Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ICW Desak Jokowi Manfaatkan Lembaga Pengawas Sebelum Putuskan Nama Calon Kapolri ke DPR

Kurnia Ramadhana angkat bicara perihal bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis yang akan pensiun pada Januari 2021.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in ICW Desak Jokowi Manfaatkan Lembaga Pengawas Sebelum Putuskan Nama Calon Kapolri ke DPR
istimewa
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Istana Negara, Senin, 11 Januari 2021 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana angkat bicara perihal bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis yang akan pensiun pada Januari 2021.

Kurnia mengatakan pihaknya mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memanfaatkan lembaga pengawas untuk melihat rekam jejak nama calon Kapolri sebelum nama-nama itu dikirimkan ke DPR RI.

"ICW mendesak agar Presiden Joko Widodo dapat memanfaatkan lembaga pengawas seperti KPK, PPATK, dan Direktorat Jenderal Pajak untuk melihat rekam jejak, dugaan adanya aliran transaksi tidak wajar, dan kepatuhan pembayaran pajak sebelum mengirimkan nama calon Kapolri ke DPR," ujar Kurnia, dalam keterangannya, Senin (11/1/2021).

Baca juga: DPR Segera Rapat Paripurna, Surpres Calon Kapolri Belum Kunjung Diserahkan

Selain itu, Kurnia menilai Jokowi dapat membuka kanal untuk menerima masukan masyarakat terhadap nama-nama kandindat Kapolri yang dikirimkan Kompolnas.

Nantinya masukan masyarakat tersebut, kata dia, dapat dijadikan salah satu pertimbangan bagi Jokowi selaku Presiden dalam memilih Kapolri.

"Hal ini penting agar proses seleksi calon Kapolri dapat ditempuh secara transparan, akuntabel, dan partisipatif," jelasnya.

Variabel kepatuhan LHKPN juga dianggap penting bagi ICW agar dimasukkan ke dalam syarat menjadi Kapolri. Tak hanya patuh dalam melaporkan LHKPN, akan tetapi juga harus benar dan jujur saat menuliskan harta kekayaan.

BERITA TERKAIT

"Sebab, ICW meyakini kepatuhan, kebenaran, dan kejujuran saat pelaporan LHKPN menjadi indikator utama untuk melihat integritas dari setiap kandindat pejabat publik, terlebih Kapolri," kata Kurnia.

"Bahkan tak salah pula jika Presiden meminta agar lima kandindat Kapolri yang dikirimkan oleh Kompolnas dapat memaparkan terlebih dahulu agenda reformasi Kepolisian kepada publik. Agar nantinya publik dapat melihat sejauh mana kompetensi dari para kandindat," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas