Tribun

Calon Kapolri

Komjen Listyo Sigit Harus Bisa Lindungi Masyarakat dan Tegakkan Hukum dengan Baik

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan saat pandemi Covid-19 dan era revolusi industri 4.0.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Komjen Listyo Sigit Harus Bisa Lindungi Masyarakat dan Tegakkan Hukum dengan Baik
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Presiden Joko Widodo memutuskan mengajukan ke DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan saat pandemi Covid-19 dan era revolusi industri 4.0.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti mengatakan, tantangan Polri saat ini dan masa mendatang yaitu menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di tengah-tengah pandemi wabah Covid-19.

"Dalam segala suasana, Polri harus bisa melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya," kata Poengky, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, Polri juga harus fokus pada penegakan hukum terhadap kejahatan konvensional dan kejahatan transnational, seperti jaringan narkoba, jaringan teroris, illegal logging, illegal fishing, dan lainnya. 

"Lalu, kejahatan siber serta tantangan terhadap menguatnya intoleransi dan kelompok-kelompok radikal," paparnya. 

Baca juga: Komisi III DPR Gelar Rapat Tertutup dengan Kompolnas Minta Masukan soal Calon Kapolri

Poengky juga mengatakan Komjen Listyo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri, harus memperhatikan revolusi industri 4.0. 

Sehingga, dalam melakukan pelayanan masyarakat menggunakan teknologi, agar manfaatnya cepat dirasakan masyarakat.

"Untuk program-program yang sudah baik dilakukan Kapolri terdahulu tetap dilanjutkan agar berkesinambungan," tutur Poengky.
 

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas