Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komjen Sigit Safari ke AHY, Pengamat: Langkah Bijak untuk Galang Soliditas

Sebagai Calon Kapolri, menurut Karyono, Sigit tentu berharap dukungan semua pihak, tak terkecuali Partai Demokrat.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Komjen Sigit Safari ke AHY, Pengamat: Langkah Bijak untuk Galang Soliditas
Istimewa
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bersilahturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik Indonesia Publik Institute (IPI) Karyono Wibowo menyoroti soal safari Kabareskrim sekaligus Calon Kapolri Tunggal Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang mengunjungi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Diketahui, pertemuan tersebut terjadi jelang fit and proper test dirinya di Komisi III DPR RI.

Menurut Karyono, pertemuan tersebut tak bermakna lebih selain silaturahmi yang lumrah.

Sebagai Calon Kapolri, menurut Karyono, Sigit tentu berharap dukungan semua pihak, tak terkecuali Partai Demokrat.

"Pelbagai kunjungan Listyo Sigit ke sejumlah tokoh dan kalangan harus dibaca sebagai langkah bijak untuk menggalang soliditas, baik pada saat pencalonan kapolri maupun pada saat melaksanakan tugas sebagai kapolri," katanya saat dihubungi, Selasa (19/1/2021).

Karyono tak mau menilai kunjungan Sigit ada kaitannya dengan kontestasi di Pilpres 2024 mendatang, terlebih masa tugas Sigit baru akan berakhir pada 2027.

Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo
Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo (Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda)

"Kunjungan Listyo ke Demokrat dan juga ke sejumlah tokoh bukan untuk kepentingan maju di kontestasi pilpres 2024. Itu terlalu jauh, bahkan tidak ada korelasinya," tambahnya.

BERITA TERKAIT

"Mantan kapolda Banten ini juga banyak mengunjungi ulama dan tokoh masyarakat jauh sebelum menjadi calon tunggal kapolri, sehingga bersilahturahmi dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono merupakan bagian yang tak terpisahkan dari cipta kondisi untuk meminimalisasi resistensi," pungkasnya.

Baca juga: Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo Bersafari Temui Ketua Umum Partai Demokrat AHY

Sebelumnya, Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bersilahturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

Foto pertemuan keduanya itu diunggah AHY melalui akun twitternya @agusyudhoyono pada Senin (18/1/2021). Dalam foto itu, AHY tampak didampingi sejumlah pejabat utama partai berlambang mercy tersebut.

"Hari ini, di kantor DPP @PDemokrat, saya bersilaturahmi dg Komjen Pol Listyo Sigit. Dlm kesempatan ini, saya & @PDemokrat menyampaikan harapan agar nanti jika terpilih, di bwh kepemimpinan beliau, Polri dpt semakin aktif dlm menegakan hukum yg independen, netral & imparsial," kata AHY sebagaimana dikutip Tribunnews dalam akun twitternya @agusyudhoyono, Senin (18/1/2021).

AHY mengharapkan agar Polri bisa semakin profesional dalam menyelesaikan isu-isu terkait intoleransi, radikalisme, serta semakin sukses dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional.
Tak hanya itu, ia juga menyampaikan harapan setelah Listyo nantinya menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

"Terakhir, saya menyampaikan pada Komjen Sigit agar Kapolri yang baru dapat berdiri di atas semua kelompok, golongan dan kepentingan. Agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, ‘justice for all’. Semoga sukses Komjen Sigit," tutup AHY.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas