Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Suasana Posko JITC II di Hari Terakhir Perpanjangan Operasi SAR Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182

Kamis (21/1/2021) merupakan hari terakhir perpanjangan waktu operasi SAR kecelakaan Sriwijaya Air, apakan waktu pencarian akan diperpanjang lagi?

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Suasana Posko JITC II di Hari Terakhir Perpanjangan Operasi SAR Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Suasana di posko terpadu operasi SAR SJ-182, Dermaga JITC II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara di hari ke-13 pencarian, Kamis (21/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operasi SAR gabungan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 sudah memasuki hari ke-13.

Hari ini, Kamis (21/1/2021) merupakan hari terakhir perpanjangan waktu.

Tim SAR gabungan tetap menjalankan upaya pencarian terhadap bagian tubuh korban, serpihan kecil pesawat, potongan besar pesawat, maupun memori dari black box CVR.

Sembari aktivitas tim SAR gabungan di perairan Kepulauan Seribu berlangsung, tim lainnya di posko terpadu Dermaga JICT II juga menjalankan aktivitas masing-masing.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Kerja Tim SAR Gabungan Penanganan Musibah Pesawat SJ-182

Baca juga: Hari Terakhir Perpanjangan Ke-2 Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182, Ini Bagian Pesawat yang Dievakuasi

Pantauan TribunJakarta.com, petugas dari Basarnas dan unsur lainnya tampak mempersiapkan kedatangan kapal-kapal SAR serta konferensi pers soal temuan yang telah berjalan selama ini.

Selain itu, petugas PPSU terlihat berjibaku membersihkan area Dermaga JICT II.

Pasalnya, usai hujan mengguyur sejak pagi tadi, terlihat keberadaan sejumlah titik genangan air di area Dermaga JICT II.

BERITA TERKAIT

Para petugas kebersihan tersebut utamanya membersihkan area di tepi perairan yang digunakan untuk menjejerkan hasil temuan serta untuk konferensi pers.

Adapun hasil temuan selama 12 hari terakhir tampak masih dijejerkan di dermaga, terutama material pesawat yang terdiri dari serpihan kecil dan potongan besar.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat melihat serpihan dan sejumlah barang dari sisa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara Selasa (19/1/2021). Kunjungan tersebut untuk mengupdate perkembangan temuan dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Sj 182 di hari ke 11. Tribunnews/Jeprima
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat melihat serpihan dan sejumlah barang dari sisa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara Selasa (19/1/2021). Kunjungan tersebut untuk mengupdate perkembangan temuan dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Sj 182 di hari ke 11. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman menyatakan hari ini adalah hari terakhir dari perpanjangan kedua operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182.

"Hari ini adalah hari terakhir dari perpanjangan kedua," kata Rasman kepada wartawan.

Namun, terkait apakah operasi SAR akan kembali diperpanjang atau ditutup, Rasman masih menunggu keputusan pimpinan.

"Nah, bagaimana nanti hasil kelanjutannya, kita akan menunggu dari hasil keputusan pemimpin," kata Rasman.

Diketahui, total temuan yang sudah didapatkan tim SAR selama 12 hari meliputi 324 kantong berisi bagian tubuh korban, 67 kantong serpihan kecil pesawat, dan 55 potongan besar pesawat.

Selain itu, temuan penting lainnya ialah black box perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR) yang sudah didapatkan penyelam pada Selasa (12/1/2021) lalu.

Sementara itu, hingga kini tim SAR juga masih mencari black box perekam suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) dari lokasi jatuhnya pesawat di perairan Kepulauan Seribu.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Begini Suasana di Posko JICT II saat Hari Terakhir Perpanjangan Operasi SAR SJ-182

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas