Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Diminta Lakukan Perbaikan Mendasar dalam Pengendalian Covid-19

Pemerintah diminta melakukan perbaikan mendasar dalam pengendalian pandemi Covid-19, sesuai dengan standar keilmuan yang berlaku.

Pemerintah Diminta Lakukan Perbaikan Mendasar dalam Pengendalian Covid-19
Ist
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta melakukan perbaikan mendasar dalam pengendalian pandemi Covid-19, sesuai dengan standar keilmuan yang berlaku.

"Keluhan Menkes dalam sebuah dialog daring yang dikutip media, bahwa testing Covid-19 yang selama ini kita lakukan salah secara epidemiologis cukup mengejutkan. Tidak perlu ada polemik berkepanjangan, segera lakukan perbaikan agar upaya pengendalian Covid-19 segera membuahkan hasil yang baik," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Update Covid-19 Global 24 Januari: Total Infeksi di Dunia 99,3 Juta, Total Pasien Sembuh 71,3 Juta

Menurut Lestari, data yang akurat dalam sebuah kebijakan berskala nasional seperti pengendalian penyebaran Covid-19, memegang peranan penting terhadap keberhasilan program.

Pengambilan dan pengolahan sampel yang salah, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, menghasilkan data yang salah pula. Akibatnya, langkah yang diambil pun tidak sesuai apa yang terjadi di lapangan.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) di Jawa-Bali diperpanjang, dinilai belum menunjukkan terkendalinya penyebaran Covid-19.

Baca juga: Vaksinasi Nasional Pakai Basis Data KPU, Komisioner:Kemenkes Bukan Lembaga Pertama yang Memanfaatkan

Oleh sebab itu, Rerie menyebut, dengan cara dan metodologi yang benar, maka upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19 bisa lebih terukur dan membuahkan hasil yang lebih baik.

Tentu saja, kata Rerie, jangan dilupakan untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap upaya yang dilakukan pada pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca juga: Bupati Sleman Tertular Covid-19 Setelah Disuntik Vaksin? Berikut Penjelasan Kemenkes

"Disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun, dalam keseharian," paparnya.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas