Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Jokowi Sebut Indonesia Berhasil Kendalikan Krisis Ekonomi dan Kesehatan Akibat Pandemi Covid-19 

Jokowi mengatakan Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis yang terjadi sepanjang 2020 yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Jokowi Sebut Indonesia Berhasil Kendalikan Krisis Ekonomi dan Kesehatan Akibat Pandemi Covid-19 
Tribun Timur/Sanovra Jr
Presiden Joko Widodo meninjau salah satu pusat pengungsian korban gempa bumi di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021) siang. Kedatangan Presiden Jokowi untuk memastikan penanganan bencana berjalan dengan baik, salah satunya ketersediaan logistik. Dalam kunjungan tersebut turut hadir di antaranya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Kepala BNPB, Doni Monardo, dan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Tribun Timur/Sanovra Jr 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis yang terjadi sepanjang 2020 yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam sambutan sidang MPL PGI 2021 yang disiarkan Youtube Yakoma PGI, Senin, (25/1/2021).

"Sepanjang tahun 2020 dan memasuki tahun 2021, kita menghadapi beberapa ujian, beberapa cobaan yang sangat berat, pandemi Covid-19 yang melanda dunia 215 negara dan Indonesia telah mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Kita bersyukur, Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis tersebut dengan baik," kata Presiden.

Baca juga: Kerumunan Remaja Main Tiktok Hingga Klub Motor Dibubarkan, Ada yang Lari Sambil Pegang Tongsis

Namun, menurut Jokowi, permasalah krisis tersebut belum sepenuhnya usai.

Pandemi masih berlangsung dan dibutuhkan sikap waspada dan siaga dalam menghadapinya. 

Selain dua krisis tersebut, Presiden mengatakan bahwa pada awal tahun 2021 Indonesia juga diterpa sejumlah musibah.

Di antaranya banjir Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182,  dan gempa di Majene-Mamuju Sulawesi Barat. 

"Kita bersama seluruh komponen masyarakat telah sigap menangani ini, tetapi kita juga harus bekerja keras untuk mengurangi risiko-risiko bencana, dan selalu siaga untuk menghadapinya," kata Presiden.

Baca juga: Baru Tiga Hari Dibuka untuk Pemakaman Covid-19, Begini Kondisi TPU Bambu Apus

Jokowi mengatakan seluruh bencana yang melanda harus dihadapi dengan tegar dan penuh kesiagaan.

Presiden berterimakasih kepada seluruh keluarga besar PGI yang ikut membantu meringankan para korban bencana.

"Semua bencana ini harus kita hadapi dengan tegar dan penuh kesiagaan dan saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar PGI di semua tingkatan yang telah membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi dan bencana, dan juga bergerak bersama-sama dengan elemen bangsa yang lainnya," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas