Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Jokowi: Vaksinasi Disiapkan 30 Ribu Vaksinator, 10 Ribu Puskesmas, dan 3 Ribu RS

Dukung vaksinasi kepada kurang lebih 181,5 juta rakyat Indonesia, pemerintah siapkan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit.

Jokowi: Vaksinasi Disiapkan 30 Ribu Vaksinator, 10 Ribu Puskesmas, dan 3 Ribu RS
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2021) pagi. Vaksin yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Life Science Co Ltd yang bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero). Sebelum disuntik vaksin, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta penapisan kesehatan, antara lain pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah. Vaksinasi tersebut menjadi titik awal pelaksanaan vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dalam menangani permasalahan kesehatan akibat Pandemi Covid-19, pemerintah telah memulai program vaksinasi.

Program tersebut kata presiden telah diinstruksikan agar selesai dalam satu tahun.

"Saya perintahkan agar vaksinasi ini selesai sebelum 2021," kata Presiden dalam sambutan acara MPL PGI 2021 yang disiarkan melalui youtube Yakoma PGI, Senin, (25/1/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi, Komjen Listyo Sigit dan Konsistensi Negara Pancasila

Agar program vaksinasi tersebut dapat rampung dengan cepat, pemerintah telah memesan 426 juta dosis vaksin dari 4 perusahaan dan negara yang berbeda.

Selain itu telah disiapkan pula sumberdaya manusia dan infrastruktur untuk program vaksinasi tersebut.

"Kami telah menyiapkan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan 3 ribu rumah sakit yang akan mendukung vaksinasi kepada kurang lebih 181,5 juta rakyat Indonesia," katanya.

Presiden mengajak seluruh umat Kristiani dan jajaran Perseketuan Gereja Indonesia (PGI) membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi.

Baca juga: Baru Tiga Hari Dibuka untuk Pemakaman Covid-19, Begini Kondisi TPU Bambu Apus

Di antaranya dengan mengedukasi masyarakat dan  menyebarkan  informasi  bahwa vaksinasi merupakan salah satu jalan untuk bisa pulih dan bangkit dari pandemi.

"Selain itu mengedukasi bahwa meskipun vaksinasi dilakukan, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan disiplin. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, jangan ditinggalkan, jangan dianggap remeh," katanya.

Tidak hanya Pandemi Covid-19,  kata Presiden, pemerintah juga berkomitmen menangani isu kesehatan yang lain seperti TBC dan stunting, sehingga, kondisi kesehatan masyarakat Indonesia  bisa semakin baik.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas