Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Harlah NU ke-95, PDIP Puji NU Sebagai Benteng NKRI

Gus Mis mengapreasiasi inisiatif PDIP dalam memperingati Harlah NU ke-95 secara virtual dengan tema 'Rumah Nusantara'.

Harlah NU ke-95, PDIP Puji NU Sebagai Benteng NKRI
ISTIMEWA
Cendekiawan Muda Nahdlatul Ulama (NU) yang juga politisi PDI Perjuangan Zuhairi Misrawi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan Nahdlatul Ulama (NU) adalah bagian besar yang menjadi struktur benteng yang menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang tak perlu diragukan.

Menurut Ketua DPP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) yang merupakan organisasi sayap PDIP, Zuhairi Misrawi, NU akan memperingati hari lahir yang ke-95 pada 31 Januari 2021.

Momen tersebut disebutnya adalah hal penting bagi NU sendiri dan Indonesia.

"Karena 95 tahun lalu, NU lahir dan hadir di bumi Nusantara. Jasa besar ormas terbesar itu dalam melahirkan, menjaga, dan membangun Indonesia diakui dan tidak diragukan lagi. Dalam usinya ke-95, NU membuktikan eksistensinya sebagai ormas Islam terdepan dalam menjaga Pancasila dan NKRI," kata Gus Mis, sapaan akrabnya, Sabtu (30/1/2021).

Menurut pria yang dikenal juga sebagai cendekiawan NU itu, Proklamator RI Bung Karno sangat mengapresiasi peran NU bersama-sama dengan berbagai elemen bangsa lainnya.

Baca juga: Penghormatan untuk Pahlawan asal NTB, Hari Jadi Nahdlatul Wathan Digelar di Lanud TGKH Zainuddin

Khususnya dengan kaum Nasionalis, dalam membentengi NKRI dari berbagai infiltrasi dan tantangan yang tidak mudah pada zamannya.

"NU kokoh menjadi benteng NKRI dari rongrongan penjajah. Sebagai kader NU dan kader PDI Perjuangan, saya bangga NU istikamah menjadi benteng NKRI dari berbagai infiltrasi ideologi transnasional-ekstremis, serta kokoh memperjuangkan aspirasi Wong Cilik. Pada titik ini, NU dan PDI Perjuangan dapat bertemu dalam satu nafas perjuangan," ungkapnya.

Atas hal itu pula, Gus Mis mengatakan bahwa dalam harlah NU ke-95 ini, dirinya mengapreasiasi inisiatif PDIP dalam memperingati Harlah NU ke-95 secara virtual dengan tema 'Rumah Nusantara'.

"Sehingga sumbangsih dan peran NU dalam menjaga Pancasila dan NKRI dapat menginspirasi kita semua, sehingga persaudaraan kebangsaan atau ukhuwwah wathaniyyah semakin kokoh," pungkas Gus Mis.

Baca juga: Solidaritas Sesama Wong Cilik, PDIP Akan Ikut Gelar Perayaan Harlah NU ke-95

Untuk diketahui, Ketua Umum Bamusi Hamka Haq sebelumnya menyatakan pada 31 Januari 2021, PDIP akan menggelar perayaan khusus memperingati hari lahir (Harlah) NU ke-95 sebagai wujud solidaritas sesama Wong Cilik.

Peringatan Harlah akan digelar PDIP secara virtual mengambil tema 'Rumah Nusantara'.

"Karena kami memandang NU betul-betul telah menjadi rumah yang melindungi dan menaungi keragaman negeri ini. NU dikenal belakangan dengan Islam Nusantara sebagai bukti komitmen NU dalam menjaga NKRI," kata Hamka.

"Peringatan Harlah NU ke-95 ini adalah juga wujud solidaritas dari PDI Perjuangan untuk NU sebagai sesama Wong Cilik," tambah Hamka.

Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas