Tribun

Pimpinan Komisi III DPR: Sosok Kabareskrim Harus Sejalan dengan Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh menyebut sosok Kabarekrim Polri ke depan, harus sejalan dengan visi misi Kapolri Jenderal Listyo Sig

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pimpinan Komisi III DPR: Sosok Kabareskrim Harus Sejalan dengan Kapolri
ist
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi PAN Pangeran Khairul Saleh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh menyebut sosok Kabareskrim Polri ke depan, harus sejalan dengan visi misi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

"Saya berharap siapapun yang akan mengisi pos tersebut adalah orang yang sejalan dengan Kapolri," kata Pengeran saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Selain itu, kata Pangeran, sosok pengganti Listyo di kursi Kabareskrim harus memiliki integritas, kapasitas dan berkomitmen menjalankan visi misi Kapolri dalam membangun instasi Polri lebih baik lagi. 

"Semoga dengan segera terisinya posisi Kabareskrim, kinerja kepolisian dengan  tag line yang baru Presisi mampu membawa Kepolisian ke arah yang lebih baik sebagai pengayom, dan pelindung masyarakat serta Harkamtibmas dapat terjaga dengan baik," papar Pangeran. 

Terkait empat nama bintang dua yang diprediksi Indonesia Police Watch (IPW) berpeluang jabat Bakareskrim, Pangeran menilai semuanya memiliki prestasi dan rekam jejak yang baik. 

"Di antaranya (empat nama) ada yang memperoleh Adi Makayasa sebagai lulusan terbaik saat di Akpol, dan hampir seluruhnya pernah menduduki beberapa jabatan Kapolda," papar politikus PAN itu. 

Baca juga: IPW Prediksi 4 Irjen Calon Kabareskrim, Jazilul: Masih Ada Sejumlah Perwira Lain

Namun, Pangeran menyebut penunjukkan Kabareskrim sepenuhnya kewenangan Kapolri untuk membantu kerjanya di instansi Polri. 

"Sesuai dengan mekanisme yang ada, maka untuk menduduki jabatan tersebut, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi akan menggodok sejumlah nama yang akan disampaikan ke Kapolri," ujarnya. 

Sebelumnya, IPW memprediksi empat nama yaitu Irjen Wahyu Hadiningrat (Wakabareskrim), Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), dan Irjen Ahmad Dofiri (Kapolda Jabar).
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas