Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nadiem Luncurkan Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meluncurkan Merdeka Belajar Episode 7, yakni Program Sekolah Penggerak.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Nadiem Luncurkan Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak
screenshot
Mendikbud Nadiem Makarim 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meluncurkan Merdeka Belajar Episode 7, yakni Program Sekolah Penggerak.

Nadiem menjelaskan bahwa Program Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus kepada pengembangan hasil belajar siswa.

"Sekolah penggerak adalah katalis, sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus kepada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik," ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual, Senin (1/2/2021).

Dirinya mengungkapkan bahwa Program Sekolah Penggerak akan menciptakan hasil belajar di atas level.

Sekolah Penggerak bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan.

"Melalui pembelajaran yang berpusat pada murid, kita akan ciptakan perencanaan program dan anggaran yang berbasis pada refleksi diri, refleksi guru, sehingga terjadi perbaikan pada pembelajaran dan sekolah melakukan pengimbasan," kata Nadiem.

Baca juga: Viral Anak Tulis Hobi Ibunya Nonton Drama Korea saat Isi Jawaban Tugas Sekolah

"Untuk menciptakan Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global, melalui program ini kita awali dengan menciptakan sumber daya manusia (kepala sekolah dan guru) yang unggul," tambah Nadiem.

BERITA TERKAIT

Program Sekolah Penggerak, kata Nadiem, akan mengakselerasi sekolah negeri dan swasta di seluruh tahap untuk bergerak 1-2 tahap. Akselerasi tersebut dilakukan dalam waktu minimal 3 tahun ajaran.

Sehingga ke depannya, semua sekolah akan menjadi sekolah penggerak.

"Dalam sekolah penggerak, tidak ada yang namanya sekolah unggulan, tidak mengubah input, tetapi mengubah proses pembelajaran dan meningkatkan kapasitas SDM," pungkas Nadiem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas