Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ombudsman RI Sampaikan 7.200 Laporan Masyarakat ke Presiden Jokowi

Pertemuan ini sekaligus untuk  melaporkan terkait berakhirnya masa bakti Pimpinan Ombudsman RI periode 2016-2021.

Ombudsman RI Sampaikan 7.200 Laporan Masyarakat ke Presiden Jokowi
Reynas Abdila
Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala (tengah) dan Ninik Rahayu (kanan) saat konfrensi pers pasca-temuan sidak layanan publik di kantor ORI, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ombudsman Republik Indonesia melakukan audiensi langsung dengan Presiden Joko Widodo terkait penyampaian Laporan Tahunan 2020 di Gedung Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Pertemuan ini sekaligus untuk  melaporkan terkait berakhirnya masa bakti Pimpinan Ombudsman RI periode 2016-2021 pada pertengahan Februari 2021.

Dalam pertemuan ini, Presiden Joko Widodo menerima secara langsung 
audiensi dari Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty beserta Anggota Ombudsman RI, Adrianus E. Meliala, Ahmad Alamsyah Saragih, Alvin Lie, Dadan S. Suharmawidjaja, dan Ninik Rahayu; dan Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Suganda P. Pasaribu.

“Kami Pimpinan Ombudsman RI periode 2016-2021 menyampaikan 2 hal. Pertama, terkait Laporan Tahunan tahun 2020 dan kedua, menyampaikan permohonan undur diri karena periode kami akan berakhir di pertengahan Februari ini,” kata Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Ombudsman RI Lapor Pantauan Standar Pelayanan Publik Bermasalah Hingga Limbah APD

“Dalam Laporan Tahunan 2020 kami menyampaikan tentang jumlah aduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI, yakni sejumlah 7200 Laporan.

Selain itu, terdapat juga Laporan yang masuk melalui Posko Daring yang dibentuk untuk merespon kondisi pandemi ini, dimana dalam kurun waktu 2 bulan sepanjang mendirikan Posko Daring tersebut, masyarakat menyampaikan sejumlah 1.600 Laporan,” sambung Lely.

Lely juga menjelaskan bahwa di tahun 2020, ada beberapa isu yang 
disampaikan kepada Presiden, baik itu pada sektor penegakan hukum, 
ekonomi, lingkungan hidup, serta sosial budaya dan pendidikan.

Selain menyampaikan Laporan Tahunan tahun 2020, Ombudsman juga menyampaikan secara singkat laporan kinerja Ombudsman RI selama periode 2016-2021 sekaligus menyampaikan bentuk-bentuk dukungan yang diharapkan akan datang dari Pemerintah kepada Lembaga Ombudsman RI, baik dalam bentuk anggaran maupun peningkatan kesejahteraan, serta kelengkapan sarana prasarana. 

“Sebagai tanggapan atas laporan Ombudsman RI, Presiden 
menyampaikan terima kasih karena Ombudsman periode 2016-2021 telah bekerja membantu tugas-tugas Pemerintah. Selanjutnya, Presiden juga akan memberikan atensi terhadap beberapa isu sektoral yang di-highlight oleh Ombudsman RI dan berharap bahwa Ombudsman RI periode ke depan akan tetap bisa melanjutkan tugas yang telah diberikan,” jelas Lely. 

Adapun sebagai hasil pertemuan ini, Presiden Joko Widodo berkenan untuk hadir memberikan sambutan secara daring dalam kegiatan Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Senin, 8 Februari 2021.

Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas