Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

JK: 10 Bulan untuk 1 Juta Pertama Pasien Covid-19, Tapi Cukup 3 Bulan untuk Penularan 2 Juta Pertama

Dengan tingkat penularan setiap harinya berkisar di angka 12-14 ribu kasus, tak menutup kemungkinan dua juta pertama kasus covid-19 terjadi di April.

JK: 10 Bulan untuk 1 Juta Pertama Pasien Covid-19, Tapi Cukup 3 Bulan untuk Penularan 2 Juta Pertama
Dokumentasi Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin menerima Jusuf Kalla di kediaman resmi Wapres Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Jumat (11/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) memprediksi jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia akan mencapai dua juta kasus pada April 2021.

Perkiraan tersebut muncul lantaran pada Februari ini saja angka kasus positif Covid-19 telah menyentuh 1,2 juta kasus.

Hingga saat ini tercatat jumlah kasus positif di Indonesia sebanyak 1.157.837, orang di mana 949.990 pasien sembuh dan 31.556 orang meninggal.

Dengan tingkat penularan setiap harinya berkisar di angka 12-14 ribu kasus, kata JK, tak menutup kemungkinan dua juta pertama kasus covid-19 di Indonesia terjadi di April.

"Kalau ini berjalan terus seperti ini tanpa upaya keras, termasuk vaksinasi yang sangat penting, maka pada akhir April angka positif menjadi dua juta," kata JK dalam acara Program Plasma BUMN untuk Indonesia yang digelar secara daring, Senin (8/2/2021).

JK kemudian memaparkan data harian penularan virus corona.

Misalnya di bulan Februari kasus positif Covid-19 telah menyentuh angka 1,2 juta kasus dengan tingkat penularan per harinya berkisar di angka 12.000 hingga 14.000 ribu.

"10 bulan dibutuhkan untuk satu juta pertama, tapi cukup tiga bulan untuk penularan dua juta pertama," kata JK.

JK lalu memberikan masukan agar kasus Covid-19 di Indonesia tak mencapai 2 juta. Menurutnya, vaksinasi menjadi solusi dalam menekan penularan Covid-19.

"Salah satu caranya ialah mengobati itu hanya vaksinasi. Inilah yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini juga menteri BUMN untuk melaksanakan atau vaksinasi yang cepat. Hanya itu yang bisa mengatasinya, di samping kedisiplinan masyarakat," ucap JK.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas