Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pelaku Begal Sadis yang Kerap Beraksi di Tanjung Priok Ditembak Polisi

Seorang pelaku begal sadis berinisial B (29) di wilayah Kampung Bahari, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara Senin (8/2/2021) dini hari ditangkap. 

Pelaku Begal Sadis yang Kerap Beraksi di Tanjung Priok Ditembak Polisi
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang pelaku begal sadis berinisial B (29) di wilayah Kampung Bahari, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara Senin (8/2/2021) dini hari ditangkap. 

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan mengatakan kasus ini bermula dari laporan perihal pelaku penodongan senjata tajam terhadap seorang tukang ojek. 

Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Tanjung Priok melakukan penyelidikan terhadap pelaku dengan senjata tajam tersebut. Belakangan diketahui bila pelaku merupakan pemain lama.

Baca juga: Modus Begal Cari Korban di Medsos, Libatkan Perempuan Sebagai Pancingan, Rampas Motor saat Bertemu

“Ternyata pelaku sudah melakukan aksinya lebih dari satu kali dan ada 6 laporan dari masyarakat yang masuk dari Desember hingga Februari," kata Guruh, Jumat (12/2/2021). 

Petugas pun kemudian berusaha mengejar dan menangkap pelaku. Namun pada saat ditangkap, pelaku memberikan perlawanan dan menyerang petugas hingga terpaksa dilumpuhkan. 

"Petugas menghentikan perlawanan tersebut dengan memberikan tindakan yang terukur dengan menembak kaki kanan pelaku untuk menghentikan penyerangan," kata Guruh.

Baca juga: Umpankan Wanita Saat Beraksi, Anggota Kelompok Begal di Lumajang Satu Persatu Digelandang Polisi

Berdasarkan interogasi, pelaku beraksi dengan menawarkan barang mulai dari ponsel dan motor melalui facebook untuk memancing korban lalu bertemu di suatu tempat. 

“Pelaku berpura-pura menjual barang di media sosial. Pada saat korban mendekat di lokasi yang ditentukan pelaku lalu menodongkan celurit ke korban,” ungkapnya. 

Kanit Reskrim Polsek Tanjung Priok AKP Paksi Eka Saputra mengatakan pelaku yang merupakan residivis dan pengguna narkoba, tidak segan-segan melukai korbannya.

“Bahkan ada dimana korbannya mengalami kelingking hampir putus. Menurut pengakuannya, uang dari hasil kejahatan itu untuk narkoba,” ujar Paksi. 

Pelaku juga diketahui pemimpin kelompok begal dan saat beraksi secara terorganisir. Tidak hanya itu, dalam setiap menjalankan aksinya, pelaku juga melibatkan anak di bawah umur.

Baca juga: Wanita Buruh di Sukabumi Jadi Korban Aksi Begal, Tak Berkutik Saat Diacungi Golok

"Dia (pelaku) perannya sebagai leader dan juga sebagai eksekutor. Sementara pelaku yang masih di bawah umur perannya menyetop kemudian si tersangka langsung beraksi," ucapnya. 

Barang bukti yang diamankan satu dus ponsel, potongan pisau dan celurit. Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP ayat (2) dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul : Sat Reskrim Polrestro Jakarta Utara Hadiahi Timah Panas pada Pelaku Begal Sadis di Tanjung Priok 

Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas