Tribun

Imlek 2021

Wapres Ma'ruf Amin: Kerukunan Antarumat Beragama Kunci Utama Keutuhan Bangsa

Wapres juga meminta MATAKIN yang sebagian besar warganya merupakan pelaku usaha, dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian.

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
Wapres Ma'ruf Amin: Kerukunan Antarumat Beragama Kunci Utama Keutuhan Bangsa
Dokumentasi Setwapres
Wapres Maruf Amin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai dibutuhkan upaya menciptakan kerukunan antar umat agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

Pasalnya, meskipun Indonesia unik dengan keberagaman yang ada, tidak sedikit konflik terjadi akibat keberagaman tersebut.

"Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa," kata Ma’ruf Amin pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili dalam keterangan yang diterima, Senin (15/2/2021).

Selain itu, Wapres juga meminta Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) yang sebagian besar warganya merupakan pelaku usaha, dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-18.

Baca juga: Arus Balik Tahun Baru Imlek, Diprediksi 154.079 Kendaraan Kembali ke Jabodetabek

Baca juga: Perayaan Imlek Nasional Matakin Pusat, Anies Baswedan Singgung Kisah Klasik dan Pepatah Kuno China

"Saya juga sampaikan apresiasi yang tinggi kepada MATAKIN dan segenap umat Konghucu, atas peran serta dan kontribusi yang telah diberikan dalam membantu masyarakat mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan," tambah Wapres.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Kunci utamanya adalah kedisiplinan untuk menerapkan protokol kesehatan, di mana kita harus melakukan penyesuaian untuk tetap beraktivitas dan produktif," tutur Ma'ruf.

Mantan Rais A'am PBNU tersebut juga mendorong peran para pemuka agama untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

"Nasihat dan bimbingan pemuka agama akan memperkuat keyakinan dan kepatuhan umatnya tentang akibat apabila tidak menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Dia berharap kondisi ekonomi nasional dapat pulih secara cepat melalui dukungan dari organisasi masyarakat.

"Saya berharap dukungan MATAKIN dan seluruh umat Konghucu akan memberikan dampak yang berarti bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19," harapnya.

"Saya percaya dengan semangat dan usaha yang terbaik, diiringi doa, serta inovasi dan kreativitas, kita dapat melewati masa sulit ini serta dapat kembali membangun Indonesia yang lebih baik," kata Wapres.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas